RAGAM

Penempatan Pejabat di SOPD Baru Harus Melalui Lelang

BETUN, Kilastimor.com-Penambahan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dilingkup Pemkab Malaka sesuai amanant PP 18/2016, akan berdampak bagi penambahan pejabat baru.
Bila dalam penetapan Perda tentang SOPD nanti, ada penambahan perangkat daerah, maka untuk mengisi jabatan-jabatan itu harus melalui proses lelang seperti sebelumnya. Hal itu disampaikan Sekda Malaka, Dontus Bere, SH disela acara sidang II DPRD Kabupaten Malaka, Rabu (12/10/2016).

Donatus Bere

Donatus Bere

Pihaknya kata dia, sudah mendapatkan arahan Bupati Malaka terkait persoalan itu. Khusus untuk pejabat eselon II baru yang akan menjabat, maka prosesnya harus melalui pelelangan jabatan yang akan dilakukan panitia seleksi.

Untuk saat ini, pihaknya masih menunggu hasil pembahasan dewan terkait usulan pemerintah tentang SOPD sesuai mandat PP 18/2016. Kalau perdanya sudah ditetapkan maka Bupati Malaka akan mengeluarkan surat untuk dilakukan seleksi bagi pejabat eselon III yang akan menduduki jabatan baru di eselon II yang disiapkan.

“Kalau dulu, bila ada penambahan SKPD baru, baperjakat melakukan kajian dan mengangkat dari pejabat eselon III yang dianggap mampu. Tetapi setelah pemberlakukan Undang-Undang tentang ASN maka hal itu tidak berlaku. Pejabat baru harus diangkat melalui proses seleksi dan tahapan-tahan yang berlaku.

Untuk kondisi sekarang, pemerintah sudah menyiapkan segala sesuatunya tetapi harus menunggu proses penetapan perda tentang Struktur Organisasi Perangkat Daerah yang baru, sehingga bisa mengambil langkah selanjutnya. (boni)

Baca Juga :   Serangan Hama Ulat, Pemkab Malaka Diminta Seriusi Laporan Masyarakat
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top