HUKUM & KRIMINAL

Tiga Bulan Bertugas, Satgas Yonif Raider 641/BRU Amankan Lima Senpi Springfield

ATAMBUA, Kilastimor.com-Selama tiga bulan bertugas, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 641/Beruang berhasil mengamankan lima pucuk senjata api (Senpi).

Dansatgas Yonif 641/Bru, Letkol (Inf) Wisnu Herlambang ketika ditemui media di Mako Satgas, Umanen, Atambua Barat, Kabupaten Belu, Timor Barat, Jumat (7/10/2016) mengemukakan, senjata api yang diamankan jenis Sringfield buatan Eropa. Masyarakat perbatasan Kabupaten Belu menyerahkan secara sukarela tanpa ada paksaan.

Herlambang

Wisnu Herlambang

“Kita melakukan sosialisasi dari awal penugasan di setiap pos-pos, bahwa menyimpan senjata api itu illegal dan melanggar hukum. Hasilnya sebagian masyarakat sadar dan menyerahkan senpinya ke kita,” ujar dia.

Kendati baru lima pucuk senpi yang diperoleh, dirinya yakin masih banyak terdapat senpi yang disimpan warga perbatasan Belu yang nota bene eks Timor-Timur. Terkait hal tersebut pihaknya akan terus melakukan sosialisasi baik formal dan non formal melalui Pakum juga disela-sela kegiatan baksos.

“Kita terus berikan sosialisasi, pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat yang masih menyimpan senpi. Sehingga sadar akan kepemilikan benda illegal itu membahayakan dirinya,” ucap Herlambang.

Lanjut dia, masyarakat yang menyimpan senjata api itu dampaknya sangat besar dan tidak menutup kemungkinan berujung pada kriminal apabila disalah gunakan.

“Dampak sangat besar bagi pengguna karena mereka bisa buat kriminal. Karena itu, kita akan tetap lakukan sosialisasi dan menyadarkan warga untuk tidak menyimpan senjata apinya lagi,” pungkas Herlambang. (yan)

Baca Juga :   Pemkab Malaka Petakan Daerah Rawan Air Bersih di Delapan Kecamatan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top