RAGAM

16 Kades di Malaka Barat Stuba ke Bogor

BETUN, Kilastimor.com-Sebanyak 16 Kepala Desa di Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka akan melakukan studi banding ke Bogor untuk melihat dari dekat penanganan masalah pertanian di wilayah itu. “Kita akan mengunjungi daerah-daerah pertanian yanh sudah maju untuk mempelajari berbagi hal terkait pertanian untuk diadopsi di Malaka. Kita akan bawa seluruh kades untuk melihat dari dekat bagaimana pengelolaan pertanian yang baik mulai dari produksi, pasca panen dan pemasaran. Ilmu disana akan akan bermanfaat bagi pelaksanaan Revolusi Pertanian Malaka di Kabupaten Malaka,” terang Camat Malaka Barat, Efraim Bria kepada wartawan di Betun, Sabtu (5/11/2016).

Efraim Bria Seran

Efraim Bria

Dikatakan, pihaknya sudah menghubungi Pemerintah Bogor dan mereka sudah siap menerima kita dan akan menrekomendasikan daerah yang sudah maju pertaniannya. Para kepala desa akan hadir disana untuk belajar dan melihat pengelolaan pertanian disana mulai dari managemen produksi hingga pasca panen dan pemasarannya.

Para kades juga akan melihat pola pertanian dengan sistem intensifikasi pertanian, dimana lahan disana sempit namun bisa menjadi andalan dan bisa menghidupi masyarakat petani. “Sementara kita di Malaka lahan kita luas, subur namun masih juga kekurangan makan tiap tahun. Ini harus kita pelajari untuk bisa diterapkan di Malaka,” tuturnya.

Efraim mengatakan, pelaksanaan Stuba itu dimaksudkan agar desa bisa belajar sistim pertania disana agar sekembalinya dari sana bisa mengalokasikan ADD untuk mendukung usaha pertanian disetiap desa. Stuba itu sangat relevan karena kita di Malaka melaksanakan program RPM yang menjadi program unggulan Bupati/Wabup SBS-DA.

Baca Juga :   Rayakan Imlek, Wawali Kupang Harap Tahun Ini Bawa Kesejahteraan

“Ilmu yang baik dan positif di Bogor kita pelajari dan direduksi untuk mendukung program prioritas pemerintah yakni Revolusi Pertanian Malaka. Direncanakan kita akan melakukan Stuba dan diterima di Bogor selama lima hari. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top