RAGAM

Desa Harus Laporkan Pemanfaatan Dana ADD Tahap I

BETUN, Kilastimor.com-Sebanyak 124 dari 127 desa di Kabupaten Malaka yang sudah melakukan proses pencairan uang ADD tahap I supaya segera memanfaatkan dana itu, dan segera melaporkan pemanfaatannya kepada PPKAD sebagai dasar laporan pemerintah Malaka ke Pemerintah Pusat.
Desa harus proaktif dan respons melaporkan penggunaan dana tahap I. Dengan laporan itu Bupati melalui dinas PPKAD akan membuat laporan penggunaan ADD tahap I dan dikirim ke kementrian keuangan RI untuk proses pentransferan ADD tahap II. “Kita juga mendorong 3 desa yang belum melakukan proses pencairan ADD tahap I di PPKAD supaya segera dan proaktif melakukan proses pencairan agar tidak mengalami keterlambatan,” bilang Kadis PPKAD Kabupaten Malaka, Aloysius Werang kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (18/11/2016).

Aloysius Werang

Aloysius Werang

Werang mengatakan dari 127 desa di Kabupaten Malaka sebanyak 124 desa sudah melakukan proses pencairan keuangan di PPKAD. Masih ada tiga desa yang belum melakukan proses pencairan keuangan yakni desa Nauke Kusa dan Kapitan Meo di Kecamatan Laen Manen dan desa Raimataus di Kecamatan Malaka Barat.

Dari pantauan kita dari 124 desa yang melakukan proses pencairan uang tahap I sudah ada 5 desa yang melakukan konsultasikan pencairan ADD tahap II. Kita sampaikan bahwa proses pencairan uang ADD tahap II hanya bisa dilakukan setelah melakukan pelaporan tahap I. Mereka sudah serap semua dana tahap I sehingga perlu dilaporkan. Mereka tanyakan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk melakukan proses pencaran tahap II.

Baca Juga :   Walau Dibatasi, Peringatan HUT RI di Kobalima Timur Tetap Akan Berlangsung

Dia menuturkan, berdasarkan laporan ADD tahap I, PPKAD akan membuat laporan konsolidasi untuk dilaporkan ke pemerintah pusat. Dari laporan itu sebagai dasar pempus mentrasfer dana tahap II. Kalau sudah sampai kas daerah maka bisa dilakukan pencairan tahap II.
Bupati yang akan membuat laporan itu kepada kementrian keuangan berdasarkan laporan desa. Kita berharap ada tekat yang kuat dari desa segera menyerap anggaran tahap I dan membuat laporan penggunaan uang tahap I agar dikompilasi dan dilaporkan ke kementrian keuangan guna proses transfer ADD tahap II. Kalau sudah masuk ke kas daerah maka bisa dilakukan proses pencairan tahap II. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top