RAGAM

Desa Maktihan Butuh 5,5 Kilo JUT

BETUN, Kilastimor.com-Desa Maktihan masih membutuhkan jalan usaha tani sepanjang 5, 5 km untuk memperlancar akses keluar masuk lahan pertanian masyarakat dan menjadi akses penghubung lahan antar desa. Untuk memperlancar aktifitas persawahan diharapkan pemerintah bisa membangun JUT sepanjang 2,5 km guna memperlancar akses masyarakat. Hal itu disampaikan Pamong Tani desa Maktihan, Arnol Klau di Maktihan, Minggu (13/11-2016).

Arnol mengatakan dalam kegiatan musrenbangdes setiap tahun warga selalu mengusulkan JUT sebagai kebutuhan prioritas warga namun intervensi anggaran untuk itu belum signifikan.

Kita minta kepada pemerintah melalui dinas teknis agar bisa mengalokasikan anggaran guna pemenuhan kebutuhan masyarakat terkait JUT.

Kita sudah melakukan pengukuran dilapangan dan JUT yang perlu mendapatkan penanganan sepanjang 5,5 km. Tahap pertama kita usulkan kalau bisa dikerjakan dulu sepanjang 2,5 km sebagai pembuka akses jalan yang menghubungkan lahan warga tiga desa yakni di desa Loofoun dan desa Rai Mataus di Kecamatan Malaka Barat.

Ada tiga titik JUT yang perlu mendapatkan penanganan yakni dari Nularan desa Maktihan menuju desa Raimataus sepanjang 500 meter, dari Maktihan ke desa Loofoun sepanjang 1250 meter dan Maktihan ke desa Rai Mataus melalui jalur tengah sepanjang 1200 meter lebih.

Kalau tiga titik itu diperbaiki maka akan memperlancar akses keluar masuk sawah dan memperlancar arus transportasi hasil milik masyarakat tiga desa di wilayah itu.

Baca Juga :   Pasien COVID-19 Bertambah, Pemkot Kupang Jalin Koordinasi dengan RS

Selama ini warga kesulitan saat panen padi karena hasil panenan harus dipikul saat diangkut ke rumah. Kita kesulitan tenaga kerja sehingga usulan JUT itu menjadi prioritas usulan desa yang harus ditangani.

Kalau JUT itu bisa direalisasi bisa memberi keuntungan ganda karena bisa memperlancar akses transportasi antar 3 desa yakni Raimataus, Maktihan dan Loofoun dengan jarak yang lebih pendek. Selain itu kgtn pertanian warga bisa lancar. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top