RAGAM

Desember, Pemda Malaka Tinjau Pelaksanaan Dana Desa

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka akan melakukan pengawasan terhadap pemanfatan dana desa dan ADD agar pemanfaatannya sesuai peruntukannya. Direncanakan Desember mendatang tim dari Kabupaten akan turun ke setiap Kecamatan melakukan pengawasan bersama tim yang dibentuk.

Daniel Asa

Daniel Asa

Selain dana desa, pemerintah akan mengawasi pemanfaatan dana BOS di sekolah-sekolah serta pelaksanaan belanja modal yang sementara berjalan agar pengerjaannya tepat waktu, tepat mutu dan sesuai bestek yang ditetapkan. Direncanakan Desember mendatang Pemerintah akan turun ke lapangan disetiap kecamatan dan mengundang seluruh desa bersama pelaku-pelakunya untuk mengevaluasi pemanfaatan ADD setiap desa. Selain pengawasan dibidang administrasi, pemerintah juga akan melakukan pengawasan fisik di lapangan. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Malaka, Daniel Asa kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (21/11/2016).

Tindakan pengawasan diatas merupakan salah satu program yang dicanangkan pemerintah agar pemanfaatan dana itu sesuai peruntukannya guna mempercepat kesejahteraan rakyat. Asa mengatakan persoalan pengawasan terhadap pemanfaatan uang negara bukanlah hal yang baru, tetapi hal itu perlu diingatkan secara terus menerus sehingga pengelolaan keuangan negara harus benar sesuai peruntukan dan standar akuntasi pemerintah yang sudah ditetapkan. Bupati Malaka dalam berbagai kesempatan sudah menyampaikan kepada kita semua agar dalam mengelola keuangan harus benar, disiplin dan tidak boleh melanggar aturan.

Pemda melalui Inspektorat dan instansi teknis terkait akan turun kesetiap kecamatan melakukan pengawasan terhadap ADD yang sudah dieksekusi. Pengawasan disini sifatnya pembinaan, baik pembinaan adminstrasi dan juga apa yang dilaporkan kepada pemerintah fisiknya harus sesuai dengan laporan yang dibuat.

Baca Juga :   Donatus Bere: Jika Ada Regulasi, Saya Siap Dicopot dari Sekda

“Kita akan fokus untuk pemanfaatan dana desa karena jumlah dana yang diterima disetiap desa setiap tahun tidak sedikit kurang lebih Rp 1 miliar. Ini Program nasional dan menjadi atensi pemerintah pusat hingga kabupaten, sehingga harus kita sikapi secara baik. Pengawasan tetap kita lakukan sehingga kita berharap tidak bermasalah dan berimplikasi hukum. Dana itu harus dimanfaatkan sesuai petunjuk dan aturan yang berlaku. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top