RAGAM

Ditetapkan Sebagai Laboratorium Inovasi, Kabupaten Kupang Gelar Pameran

OELAMASI, Kilastimor.com-Terpilihnya Kabupaten Kupang sebagai laboratorium Inovasi di wilayah Indonesia Timur oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Kabupaten Kupang berencana akan segera melaksanakan pameran Inovasi daerah. Hal ini ditandai dengan persiapan display untuk Pameran Inovasi Kabupaten Kupang, di Aula kantor Bupati Kupang, pada Selasa (1/11) lalu.

Rapat persiapan Laboratorium Inovasi di Kabupaten Kupang.

Rapat persiapan Laboratorium Inovasi di Kabupaten Kupang.

Menurut Andi Taufik, Ketua Tim Display LAN, pembentukan laboratorium inovasi menjadi wadah para pemburu ide inovasi di instansi untuk menyalurkan ide kreatif dalam membangun perubahan di sektor publik. Andi menambahkan, Penetapan Kabupaten Kupang sebagai laboratorium Inovasi di wilayah Indonesia Timur diharapkan menjadi brand bagi kegerakan inovasi di daerah lainnya di Indonesia. Dari 500-an Kabupaten di Indonesia ini, menurut Andi, Kabupaten Kupang bersama dengan dua Pemda lainnya yakni Pemda Kebumen dan Purbalingga menjadi laboratorium Inovasi.

Andi menjelaskan, melalui Laboratorium Inovasi, akan tercipta kompetensi ide dan gagasan-gagasan baru yang mendukung terwujudnya pembangunan yang lebih baik. “Sebelum melakukan pameran Inovasi, diperlukan tahap display sebagai akuntabilitas inovator kepada publik sebagai ajang show off, blow your own trumpet bagi dunia luar bahwa sebagai inovator sudah ada yang dilakukan untuk kepentingan publik,” Jelas Andi.

Dirinya berharap, melalui pameran inovasi, Pemkab Kupang mendapatkan masukan stekholder mengenai inovasi yang telah dilakukan demi perbaikan kedepannya. Bagi Andi, Memulai sebuah inovasi atau gagasan tidaklah selalu sempurna, namun dengan tekad kuat, semangat dan kemauan untuk maju inovasi tersebut akan semakin sempurna.

Baca Juga :   Pengurus Cabang Hakli Kabupaten Belu Dikukuhkan

Sementara itu, Sekda Kabupaten Kupang, Hendrik Paut, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan LAN RI, sehingga kabupaten Kupang menjadi laboratorium Inovasi. Menurutnya, Inovasi menjadi cikal bakal perubahan kearah yang lebih baik. Untuk itu, perlu ditindaklanjuti dengan kinerja yang mumpuni dari setiap stekholder sehingga kemajuan pembangunan dapat terwujud.

“Saya berharap, dapat seluruh stakeholder dapat menindaklanjuti semua inovasi yang ada dan dilaksanakan secara baik demi terwujudnya pelayanan masyarakat yang prima,” ungkap Hendrik. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top