RAGAM

Empat Pilar Kebangsaan Harus Dijadikan Acuan dalam Hidup Berbangsa dan Bernegara

ATAMBUA, Kilastimor.com-Anggota Komisi XI DPR RI, Ferry Kase mengatakan empat pilar kebangsaan, masing-masing Pancaila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika harus dipertahankan dan diamalkan. Empat pilar tersebut harus dijadikan acuan dan pedoman dalam kehidupan bersama berbangsa dan bernegara.

Anggota DPR RI, Fery Kase sedang sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan.

Anggota DPR RI, Fery Kase sedang sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan.

“Sosialisasi empat pilar kebangsaan penting dilakukan bagi warga Indonesia, khususnya bagi warga yang berada di wilayah terpencil juga wilayah perbatasan RI-RDTL. Kita komitmen akan terus lakukan sosialisasi empat pilar guna menumbuh kembangkan rasa nasionalisme bagi generasi muda bangsa Indonesia,” ucap Kase yang dihubungi, Rabu (30/11/2016).

Menurut dia, pekan lalu dirinya baru selesai melakukan kegiatan sosialisasi empat pilar bersama puluhan warga, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, aparat keamanan dari Babinsa Koramil Halilulik dan Babinpol Polsek Halilulik di wilayah Desa Rinbesihat, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

“Hari Jumat 25 November lalu saya baru selesai sosialisasi dasar negara Indonesia untuk warga Rinbesihat. Buktinya masih terdapat sebagian warga yang belum paham tentang apa itu nilai-nilai kebangsaan dalam empat pilar tersebut,” beber Anggota Fraksi Partai Hanura itu.

Jelas Ferry, sosialisasi empat pilar akan dilakukan di seluruh dapil pemilihan dala kunjungan pada tahun 2017 mendatang dan sasaran sosialisasi akan difokuskan pada anak-anak sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. Hal tersebut untuk menguatkan jiwa nasionalisme dan rasa patriotisme dalam diri para pelajar sehingga memiliki semangat cinta terhadap tanah air.

Baca Juga :   Tak Terima BLT, Puluhan Warga Desa Nasi Datangi DPRD TTS. "Kami Kecewa dengan Kinerja BPMD"

Dituturkan bahwa, semboyan dan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika tutur Kase, sebagai nilai yang menjadikan rakyat atau warga negara dapat hidup dan menata kehidupan bersama dengan harmonis, bersatu sebagai kekuatan pembangunan negara, pada dasarnya tidak berbeda, dan justru sangat relevan dengan nilai‐nilai kebangsaan yang dipersepsikan dari sila‐sila Pancasila. “Apapun latar belakang orang itu baik yang berbeda ras, suku maupun agama tetap warga Indonesia berbeda-beda tetap satu jua,” ungkap Ferry.

“Semua fenomena negatif yang selama ini kita lihat dan rasakan harus diakhiri dengan membangkitkan semangat, pengetahuan kita mengenai pentingnya empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab dengan adanya sosialisasi itu warga mendapat pengetahuan sebagai bekal kedepan dalam mendampingi dan mengisi kemerdekaan serta mempertahankan NKRI ini,” tambah Ferry. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top