RAGAM

Jalankan Program Raskin Gratis, Pemda Malaka Alokasikan Rp 2,977 Miliar

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka menggratiskan raskin bagi warga miskin di Kabupaten Malaka mulai periode Mei hingga Desember 2016 dengan dana sebesar Rp 2.977.120.000. Sementara itu dalam 2017 mendatang sesuai data raskin yang ada, Pemda akan membayarkan membebaskan raskin mulai bulan Januari hingga Desember 2017 dengan pagu anggaran sebesar Rp. 4.487.232.000. Direncanakan tahun 2017 akan dilakukan pemutakiran data raskin supaya bisa mencerminkan data riil di lapangan. Hal itu disampaikan Kabag Ekonomi Setda Malaka, Stefanus Klau kepada wartawan di Betun, Sabtu (12/11/2016).

Ilustrasi Raskin

Ilustrasi Raskin

Fanus begitu panggilan akrabnya kepada wartawan mengatakan mulai pekan depan pihaknya akan memproses keuangan raskin untuk dibayarkan sebagai uang tebusan di Bulog. “Kita akan amankan proses pencairan itu sebagai wujut konkrit mengamankan kebijakan Bupati dan Wakil Bupati Malaka melalui persetujuan dewan,” ungkapnya.

Bupati jelasnya, sudah memerintahkan untuk segera dilakukan proses pencairan uang untuk menebus raskin bagi masyarakat Kabupaten Malaka sesuai data yang berhak menerima raskin. Karena itu, pihaknya akan cairkan dana sebesar itu, untuk dibayarkan kepada Bulog dan selanjutnya Bulog segera mendistribuskan kepada warga penerima raskin.

Kebijakan pemerintah membebaskan biaya raskin atau raskin gratis katanya, merupakan bentuk kepedulian konkrit pemerintah kepada warga yang sangat membutuhkan bantuan itu. “Diharapkan semua raskin yang ditebus didistribusikan kepada warga penerima sesuai harapan dan aturan yang berlaku,” tambahnya.

Baca Juga :   Oknum Guru YS Diperiksa Sebagai Tersangka

“Kita sudah meminta kepada Ketua Tim Raskin agar menyalurkan beras itu kepada warga yang berhak menerimanya sesuai aturan yang berlaku. Tidak ada kata pungli terkait penyaluran raskin kepada masyarakat. Logikanya raskin itu berasnya orang miskin sehingga pemerintah bantu meringankan beban rakyat. Kalau sudah diringankan pemerintah, maka petugas tim raskin dan desa tidak boleh melakukan pungli diluar ketentuan. Kalau ketahuan kita akan memberikan sangsi termasuk menggantikan kembali uang rakyat yang dipungli tanpa dasar aturan yang jelas,” tegasnya.

Tahun 2016 pemerintah hanya membayar dan menebus raskin bagi warga mulai bulan Mei sesuai penetapan kebijakan itu oleh pemerintah. Tahun 2017 pemerintah akan membantu warga dengan menebus raskin mulai bulan Januari hingga Desember 2017 yang dibayar setiap 6 bulan.

Tahun 2017, direncanakan pemerintah akan meng-update data raskin dengan melakukan pemutakiran data raskin agar benar-benar mencerminkan kondisi riil di lapangan. Data yang diajukan ke bulog itu adalah data lama, sehingga perlu diupdate agar bisa valid dan mencerminkan data rill di lapangan. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top