EKONOMI

Paroki Kleseleon Dukung Revolusi Pertanian Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Paroki Kleseleon, mendukung pelaksanaan kegiatan Revolusi Pertanian Malaka (RPM) yang dicanangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka sebagai salah satu program unggulan daerah.

Rm. Hendrikus Hale, Pr

Rm. Hendrikus Hale, Pr

Paroki Kleseleon melalui rapat Evaperca Paroki memutuskan secara bulat mendukung dan proaktif mensukseskan kegiatan itu melalui tindakan konkrit di lapangan. Paroki Kleseleon menjadikan pertanian sebagai program unggulan di Paroki dan sudah dibawakan dalam Evaperca di Dekenat dan akan dibawakan dalam evaperca ditingkat Keuskupan Atambua dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan Pastor Paroki St. Antonius Padua, Kleseleon, Rm. Hendrikus Hale, Pr kepada wartawan usai memimpin Perayaan Misa Kudus memperingati Hari Raya Kristus Raja, Minggu (20/11/2016).

Rm. Hendrik mengatakan, ada dua kegiatan besar yang akan dilakukan yakni pengolahan lahan basah dan budidaya itik. Ini sejalan dengan program Pemkab Malaka yakni dibidang Revolusi Pertanian Malaka.

Dikatakan, gereja melihat bahwa program pemerintah itu baik dan sejalan dengan potensi wilayah di Paroki Kleseleon dibidang pertanian lahan basah dan budidaya itik.

Evaperca (Evaluasi dan Perencanaan ) Paroki Kleseleon tahun ini, sudah ada keputusan ditingkat Paroki dan Dekenat Malaka untuk mendukung kegiatan Revolusi Pertanian Malaka. Hal itu sejalan dengan potensi di Paroki Kleseleon dimana hampir 90 persen umat di Paroki Kleseleon berprofesi sebagai petani. Hampir semua sumber ekonomi umat bersumber dari alam. “Kita tidak hanya mendukung tetapi bersama pemerintah menjalankan program dan kegiatan revolusi pertanian disetiap desa dalam wilayah paroki Kleseleon secara aktif. Peserta evaperca memutuskan program fokus keuskupan Atambua untuk Paroki Kleseleon adalah pertanian sesuai kondisi riil dan potensi yang dimiliki,” bilangnya.

Baca Juga :   Kepala Desa dan Masyarakat Numponi Perbaiki Pipa Air

Pengurus Sosek Paroki Kleseleon, Willem Leki secara terpisah kepada wartawan mengatakan, keputusan evaperca Paroki Kleseleon sejalan dengan Implementasi Program RPM. Pihaknya akan menjalankan dua komoditi yakni padi sawah seluas 250 ha dan itik sebanyak 16 ribu ekor yang akan dibagikan kepada empat desa yakni Kleseleon, Motaulun, Maktihan dan Laleten. Untuk peternakan sudah disediakan beberapa kelompok untuk terima paket dan sudah dipersiapkan sejak agustus lalu. Dari “Kita sudah siapkan 12 kelompok penerima paket pemerintah,” tuntasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top