EKONOMI

Pemda dan Bulog Salurkan 32 Ton Raskin Gratis Tahap Pertama ke Atambua Selatan dan Tastim

ATAMBUA, Kilastimor.om-Duet Bupati/Wabup Belu, Willybrodus Lay-JT. Ose Luan memenuhi janji kampanyenya, yakni akan menyalurkan raskin gratis. Terbukti, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belu menyalurkan Beras Miskin (Raskin) alokasi bulan Januari sampai dengan Juni tahun 2016 secara gratis ke Kecamatan Atambua Selatan dan Tasifeto Timur (Tastim), Belu, Timor Barat, Perbatasan Indonesia dengan Timor Leste.
Total raskin yang disalurkan sebanyak 32.760 kilogram. Adapun lokasi penyaluran raskin di Kecamatan Atambua Selatan yakni Kelurahan Fatukbot sebanyak 14.490 kg. Sementara itu Kecamatan Tasifeto Timur di Desa Fatuba’a sebanyak 8.460 kg dan Umaklaran 9.810 kg.

Sekda Belu lepas distribusi raskin gratis perdana.

Sekda Belu lepas distribusi raskin gratis perdana.

Pendistribusian perdana Raksin Gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah dilepas secara simbolis oleh Sekda Belu, Petrus Bere didampingi Pimpinan Forkompinda, Asisten II, Kabag Ekonomi, Ka BPMD, Kepala Perizinan dan Kepala Bulog Atambua usai acara upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Umum, Atambua, Kamis (10/11/2016).

Jelas Bere, distribusi raskin yang dilakukan hari ini ke dua Kecamatan merupakan tahap pertama dalam tahun 2016, dan akan dilakukan secara bertahap. “Ini Raskin gratis dan hari ini sudah kita sebarkan kepada masyarakat,” ujar dia kepada awak media.

Dia mengaku, pendistribusian raskin hari ini sedikit mengalami keterlambatan. Hal itu dikarenakan masih dikaji regulasi dan APBD Perubahan baru ditetapkan sehingga hari baru bisa kita eksekusi raskin kepada masyarakat.

Baca Juga :   Kapolres Belu: Penangkapan Ini Karena Kita Tanggapi Laporan Masyarakat.

Kesempatan itu Kepala Kantor Sub Divisi Regional Perum Bulog Atambua, Simon Melki Lakapu mengatakan, distribusi raskin hari ini ke Kecamatan Atambua Selatan yakni Fatukbot 14.490 kg, Kecamatan Tastim di desa Fatuba’a 8.460 kg dan Umaklaran 9.810 kg. “Jadi total raskin yang disalurkan hari ini ke dua Kecamatn sebanyak 32.760 ton,” urai dia.

Dikatakan, untuk Kabupaten Belu pagu raskin yang didapat jumlah rumah tangga sasaran (RTS) 12.891. Pagu perbulan 193.385 kg dan pagu pertahun 2.320.380 kg. “Raskin yang disalurkan ini semester I bulan Januari hingga Juni tahun 2016,” ucap Lakapu.

Lanjut Lakapu, penyaluran raskin secara bertahap. Mekanismenya, rekomendasi dari Desa, Camat ke bagian Ekonomi dan setelah itu Ekonomi mengeluarkan rekomendasi untuk memerintahkan Bulog keluarkan raskinnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top