RAGAM

Pemda di Perbatasan RI-RDTL Harus Bisa Petakan Masalah dan Inovatif

BETUN, Kilastimor.com-Kawasan perbatasan negara harus dibangun karena menyangkut harga diri bangsa. Pemprov NTT dan Pemerintah Kabupaten di perbatasan harus proaktif merencanakan dan mengkoordinasikan dengan pemerintah diatasnya agar melakukan percepatan pembangunan di kawasan perbatasan. Selain itu, pemprov dan pemkab harus melakukan pemetaan permasalahan di daerah perbatasan agar dilakukan intervensi melalui kinerja anggaran pemerintah. Hal itu disampaikan Gubernur Provinsi NTT, Frans Lebu Raya kepada wartawan disela acara kunjungan kerja di Motamasin-Kobalima Timur belum lama ini.

Frans Lebu Raya

Frans Lebu Raya

Pemprov NTT dan pemkab di kawasan perbatasan negara harus resposnsif melihat persoalan-persoalan di kawasan perbatasan negara. “Kita harus bisa mengidentifikasi persoalan dan kebutuhan yang diperlukan warga perbatasan untuk diintervensi melalui program pemerintah. Kita jangan ragu dan takut memulai karena pembangunan di kawasan perbatasan negara sudah menjadi harapan dan program pempus. Kita di daerah harus melihat hal itu sebagai peluang untuk ditindak lanjuti melalui program pemerintah. Kita harus peka membuat iven-iven internasional yang mampu menarik perhatian pempus dan masyarakat internasional,” paparnya.

Rencana Pemprov NTT menggelar Tour de Timor sambungnya, menjadi contoh kecil bagaimana mempercepat akselerasi pembangunan di wilayah perbatasan. Tour de Timor adalah harga diri Indonesia di mata internasional.
Kalau iven itu digelar maka pempus dan pemprop serta pemkab tidak tinggal diam. ‎Infrastruktur jalan dan jembatan harus diperbaiki termasuk sektor-sektor pembangunan sarana prasarana pendukung lainnya. Pemprov sudah memberi contoh menggelar acara itu yang berimplikasi bagi percepatan pembangunan di kawasan perbatasan.

Baca Juga :   Pemda Belu Bakal Isi Lima Jabatan Eselon II yang Lowong

Pemkab di wilayah perbatasan juga harus bisa membaca peluang dan kreatif menjalankan iven-iven lain yang mampu mendongkrak percepatan pembangunan di kawasan perbatasan negara dimana kabupaten itu berada. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top