RAGAM

Pemda Malaka Komit Bangun Infrastruktur Jalan Sesuai Prototipe

BETUN, Kilastimor,com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka tetap berkomitmen membangun infrastruktur jalan dan jembatan sesuai prototipe yang ditetapkan. Pembangunan jalan sesuai prototipe artinya walau tempatnya berbeda tetapi konstruksi designnya harus sama.

“Dalam setiap kesempatan pertemuan saya sudah tegaskan kepada dinas teknis agar dalam merencanakan pembangunan jalan harus ada talud dan saluran agar melindungi dan menjaga badan jalan yang dibangun. Kalau mereka bangun tidak ada tembok penahan dan saluran maka saya perintahkan untuk tidak dibayar sebelum saluran dan tembok penahan dikerjakan. Kalau ada pengusaha yang tidak puas dengan kebijakan itu silahkan dilaporkan ke aparat berwajib agar diproses hukum dan pemerintah siap menghadapinya,” papar Bupati Malaka, Sefanus Bria Seran saat meninjau pembangunan hotmix ruas jalan Biudukfoho-Wekeke di dusun Oenunuh-Desa Bo’en, Kecamatan Rinhat, Rabu (23/11/2016).

Bupati Malaka tinjau pengerjaan jalan menuju Rinhat.

Bupati Malaka tinjau pengerjaan jalan menuju Rinhat.

Bria Seran mengatakan, dirinya tetap komit melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Malaka dengan mengutamakan mutu. “Kita harus bangun jalan yang baik dan bermutu karena niat kita harus mewariskan sesuatu yang baik bagi anak cucu Malaka. Lebih baik kita membangun jalan dengan volume yang kecil namun berkualitas karena dilengkapi tembok penahan dan saluran. Kalau jalan itu dibangun tanpa dilegkapi talut dan saluran maka umur dan nasib jalan itu tidak akan lama karena terjadinya pergerusan dimusim penghujan dan merusak badan jalan,” sebutnya,

Baca Juga :   Polres Belu Bakal Rekrut Pelajar Berprestasi

Dikatakan, dirinya sudah memberitahukan kepada Kabag Pembangunan dan PU agar memperhatikan standar kualitas pembangunan jalan supaya sesuai prototipe. “Saya juga sudah minta kepada Kabag Pembangunan agar mengundang semua konsultan perencana dan dinas teknis terkait agar dalam membuat perencanaan harus prototipe. Itu standart mutu kerja kita sehingga saya minta supaya jangan main-main buat perencanaan. Kalau perencanaannya saja sudah salah maka dampaknya pada pembangunan jalan yang akan dikerjakan. Saya sudah minta supaya dinas teknis melakukan evaluasi dan melihat kembali pembangunan infrastruktur jalan tahun 2016 agar mendata kembali jalan-jalan mana saja yang belum dilengkapi saluran air dan tembok penahan. Kalau belum ada maka harus dianggarkan agar dikerjakan melalui anggaran APBD murni tahun 2017,” sebutnya.

Bria Seran yang juga pernah menjabat sebagai Kadis Kesehatan Provinsi NTT itu kepada wartawan mengatakan jalan merupakan urat nadinya pembangunan sehingga harus dibangun bagus dan bermutu. “Kita sudah memiliki buku putih tentang pembangunan jalan di Malaka baik hotmix, lapen dan perkerasan,” kata dia.

Sesuai Visi dan misi yang diemban SBS-DA yakni harus mewariskan sesuatu yang baik bagi anak cucu di Malaka. Pihaknya akan bangun Malaka dengan meletakkan fondasi yang kokoh dan dinamis bagi Kabupaten ini kedepan. Salah satunya adalah membangun infrastruktur jalan dan jembatan yang berkualitas bagi rakyat guna peningkatan kesejahteraan rakyat. (boni)

Baca Juga :   Ini Daftar Juara Lomba Lokakarya yang Digelar GSC Kecamatan Malaka Tengah
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top