RAGAM

Pemda Malaka Komit Rekrut Calon Kades yang Berkualitas

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka komit melakukan tes tertulis dan wawancara bagi balon kades sebelum ditetapkan dengan SK Bupati. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan SDM pengelolaan Keuangan di desa, Penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu sangat sejalan dengan harapan pemerintah dan arahan Bupati terkait rencana perekrutan balon kades.

Donatus Bere

Donatus Bere

Sekda Malaka, Donatus Bere kepada wartawan di Betun, Sabtu (5/11) mengatakan, perekrutan balon kades melalui proses seleksi sudah saatnya diterapkan di Malaka. Hai itu tidak dilarang dalam Undang-undang dan peraturan pemerintah.

“Kita harus tempuh jalur seleksi agar SDM kades benar-benar teruji dan setelah terpilih bisa bekerja untuk rakyat. Arahan bupati sangat jelas. Untuk mengelola sumber daya di desa diperlukan kades yang memiliki SDM dan kompetensi. Kita patut dukung kebijakan bupati terkait hal itu sebagai salah satu cara meletakkan dasar yang kokoh dan dinamis di desa,” sebutnya.

Pihaknya harus menempuh jalur seleksi, karena kebutuhan daerah saat ini sangat mendesak. Tiap tahun dana yang masuk baik dana desa dan ADD saja sudah mencapai Rp 1 muliar per desa. Kalau SDM kadesnya tidak mampu bagaimana dapat mengelola dana itu dengan baik? Ujung-ujungnya yang rugi juga rakyat di desa.

Kondisi saat ini, persoalan SDM kades mutlak diperhatikan dan dibenahi. Kalau mereka yang mau jadi kades harus mengetahui berbagai aturan dan persoalan terkait pengelolaan desa. Kenyataannya banyak kades yang kurang paham sehingga ADD tidak dioptimalkan pemanfaatannya.

Baca Juga :   Inspektorat Malaka Selesai Periksa 73 Desa. 54 Desa Lainnya Harus Proaktif

Khususnya dibidang kemasyarakatan, salah satu persoalan yang dihadapi di desa, banyak kades yang diundang menghadiri peristiwa kemasyarakatan di desa tetapi tidak hadir atau terlambat hadir gara-gara tidak bisa memberikan sambutan dalam acara itu. “Kita sangat prihatin dengan kondisi ini,” timpalnya.

Materi tes tertulis disusun tim yang sangat dirahasiakan, sehingga dijamin tidak bocor. Para calon juga harus menghadapi tes wawancara yang akan dilakukan pimpinan perangkat daerah di Malaka.

“Ini terobosan baru yang kita lakukan dengan harapan akan menjadi model dan ditingkatkan pelaksanaannya dimasa mendatang. Kita mau kades kita harus berasal dari orang yang ber SDM baik dan memiliki kompetensi yang diinginkan agar pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat didesa berjalan baik dan lancar sesuai harapan kita bersama,” tukasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top