RAGAM

Pemprov NTT Diminta Perbaiki DI Motamoruk

BETUN, Kilastimor.com-Pemprov NTT perlu memperbaiki DI Motamoruk di Kecamatan Weliman-Kabupaten Malaka agar tidak merusak lahan pertanian masyarakat.Pasalnya, saat musim penghujan air dari Kali Motamoruk terkonsentrasi pada satu titik membawa material banjir dan menimbun lahan sawah milik warga. Pemprop bisa membuat sistim irigasi yang baik agar luapan banjir bisa terbagi saat musim penghujan dan tidak mengalir secara liar yang mengakibatkan penimbunan dan penggerusan lahan masyarakat. Hal itu disampaikan Pemuda Desa Naas, Herry di Naas-Kecamatan Malaka Barat, Minggu (13/11/2016).

Herry mengatakan beberapa tahun lalu pemprop sudah menormalkan dan memperbaiki saluran di DI Motamoruk namun saat ini mengalami kerusakan yang perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Saluran di DI Motamoruk perlu diperbaiki dan diperluas dengan sistim irigasi yang baik agar melancarkan aliran air. Saluran yang dibuat saat itu tidak terlalu luas sehingga saat hujan meluap secara liar ke lahan masyarakat membawa material banjir yang menimbun lahan masyarakat. Kondisi saat ini sawah milik warga desa Naas dan Maktihan tertimbun banjir dan tidak bisa dimanfaatkan.

Kondisi riilnya, air hujan yang terkonsentrasi pada musim hujan membawa endapan lumpur dan material lain meluap keluar lahan masyarakat di daerah hilir. Kita sarankan kepada pemerintah untuk mengkaji ulang secara teknis agar bisa mengatasi persoalan di lapangan.

Pemprop bisa memperlebar salurannya dan meninggikan saluran dan membuat tanggul agar tidak mengalir liar saat musim penghujan.

Baca Juga :   Polres Belu Tetap Usut Kasus Illegal Logging di Malaka

Dampak banjir Motamoruk setiap tahun terjadinya penimbunan material banjir dan kondisi saat ini belasan hektar lahan sawah milik masyarakat tertimbun material banjir dimusim penghujan.

Yang terkena dampak diwilayah hilir sungai Motamoruk. Pemerintah perlu melakukan normalisasi kali dan membuat saluran yang lebih baik dan sesuai standar teknis agar tidak berdampak bagi penimbunan lahan persawahan milik masyarakat. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top