RAGAM

PLBN Motaain Selesai 100 Persen, 12 Desember Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

ATAMBUA, Kilastimor.com-Wajah perbatasan RI-RDTL di Motaain kian “cantik”. Pasalnya, pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota’ain di atas lahan seluas 8 hektare di Desa Silawan, Kabupaten Belu, Perbatasan RI-Timor Leste rampung 100 persen dan telah dioperasionalkan untuk pelayanan.

Petugas Bea Cukai dan Karantina mulai menggunakan gedung PLBN Motaain.

Petugas Bea Cukai dan Karantina mulai menggunakan gedung PLBN Motaain.

“Gedung sudah 100 persen. PHO atau serah terima pertama kepada pihak Kementerian PUPR selaku pengelola sudah dilakukan pada 26 Oktober kemarin,” ungkap Pelaksana Proyek PLBN Mota’ain, Benediktus Sitinjak, Selasa (29/11/2016) di Mota’ain.

Dia mengaku, kendati telah Gedung PLBN Mota’ain 100 persen, namun progress landscape hingga kini masih finishing dan baru mencapai 90 persen dan akan segera tuntas, Terkait akan diresmikannya PLBN oleh Presiden Jokowi pada 12 Desember mendatang, pihaknya siap untuk itu.

“Gedung sudah kita serahkan ke pengelola dan dimanfaatkan sejak 24 November lalu. Saat ini kita juga sedang merampungkan kanopi untuk pejalan kaki dan paving blok untuk pejalan kaki. Tidak memakan waktu lama dua pekerjaan itu akan kita rampungkan,” ucap Bene.

Lanjut dia, pasca penyerahan dan pemanfaatan fasilitas gedung berkonstruksi dua lantai dengan alokasi anggaran Rp 82 miliar itu, pihak pelaksana proyek masih terus memantau segala hal yang berkaitan dengan penyempurnaan gedung yang terintegrasi tersebut.

Pelaksana proyek tambahnya, masih akan terus memantau pemanfaatan gedung itu oleh Bea Cukai, Imigrasi serta Karantina. Apabila masih terdapat sejumlah kekurangan akan langsung diperbaiki termasuk sistem pelayanannya.

Baca Juga :   Ranperda RPJPD dan Dana Cadangan Pilkada Aman. Ranperda RTRW Disempurnakan untuk Dibawa ke Pempus

“Terkait sistem pendukung, seperti fasilitas listrik, alat pendeteksi (x-ray) dan air sudah sangat siap. Untuk listrik PLN secara kelembagaan sudah memasok sebanyak 550 kva dengan sistem satu paket jaringan,” akui dia.

Dijelaskan, gedung PLBN Motaain yang menjadi salah satu dari tujuh pos lintas batas terpadu yang dibangun Presiden Joko Widodo sejak Agustus 2015 itu, saat ini sudah dimanfaatkan pasca penyerahan dari pelaksana proyek ke KemenPUPR dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) selaku pengelola pada 24 November lalu. (yan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top