RAGAM

PLBN Motamsin Harus jadi Sarana Tingkatkan Hubungan Bilateral

BETUN, Kilastimor.com-Pembangunan fasilitas PLBN Motamasin di Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka, harus bisa menjadi sarana untuk meningkatkan Hubungan Bilateral Indonesia-Timor Leste melalui fasilitas pelayananan.

Tim Kemenhumham bertemu Wabup Malaka.

Tim Kemenhumham bertemu Wabup Malaka.

Kementerian Hukum dan Ham RI selalu mendorong upaya-upaya peningkatan hubungan bilateral dua negara melalui pembangunan infrastruktur, sarana prasarana serta berbagai potensi di kawasan perbatasan negara. ”

Tadi kita sudah berkomunikasi dengan Pemda Malaka dan mereka sangat responsif membangun kawasan perbatasan melalui berbagai program strategis pemerintah,” kata Tim Kemenpolhukham, Kol. Inf. I Gede Adith Thomas, Kol. Mar. Edi Sujadmiko dan Laksamana TNI I Nyoman Nesa kepada wartawan usai melakukan peninjauan pembangunan PLBN Motamasin di Perbatasan Kobalima Timur, Selasa (8/11/2016).

Pihaknya sudah bertemu dengan bupati dan wakil Bupati Malaka dan sudah membeberkan berbagai perencanaan pembangunan di kawasan perbatasan RI-RDTL. “Kita sangat responsif dengan rencana itu karena sesuai program strategis pemerintah tetap membangun infrastruktur dan sarana prasarana wilayah di kawasan perbatasan RI-RDTL,” sebutnya.

Menurut penjelasan pemerintah bahwa jalan dikawasan perbatasan negara tetap diperbaiki dan saat ini sudah ada kemajuan yang signifikan.
Menurut penjelasan pemerintah bahwa pihaknya sementara mensurvey kemungkinan rencana pembangunan di Kecamatan Kobalima Timur. Kalau memang rencana itu bisa direalisasi maka bisa mempercepat proses dan akselerasi pembangunan di kawasan perbatasan di wilayah Malaka.

Kita juga sangat mendukung jika di Malaka bisa dibangun bandara karena ini wilayah perbatasan dua negara. Selain untuk mendorong percepatan pembangunan juga bisa sebagai sarana pertahanan negara di wilayah perbatasan. Peluang seperti itu harus ditangkap pemerintah di wilayah ini.

Baca Juga :   Sebulan Sekali Bupati Malaka Gelar Coffee Morning Bersama Pimpinan SKPD

Kebijakan pempus terkait pembangunan kawasan perbatasan sangat jelas dan transparan. Pemkab harus melihat peluang itu dan melakukan perencanaan yang dikoordnasikan dengan pemprop dan pempus. Peluang itu harus ditangkap dan ditindak lanjuti melalui aksi konkrit di lapangan.

PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka harus bisa menjadi sarana pelayanan prima yang optimal. Sekaligus sebagai sarana meningkatkan hubungan bilateral kedua negara kedepan.

Pempus tetap mendorong upaya-upaya diatas dan diharapkan pembangunan PLBN harus benar-benar menjadi beranda depan Indonesia bagi Negara Timor Leste sesuai harapan pempus.

Pemerintah bisa menindak lanjuti pembangunan di kawasan perbatasan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dikawasan perbatasan dan mempercepat kesejahteraan bagi warga di Kawasan perbatasan negara. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top