RAGAM

Puncak HKN Tingkat Kabupaten Malaka Diwarnai dengan Berbagai Acara

BETUN, Kilastimor.com-Perayaan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 di Kabupaten Malaka dirayakan bersama seluruh PNS se Kabupaten Malaka, ditandai dengan apel kesadaran bersama di halaman kantor Bupati Malaka. Usai perayaan seremonial dilanjutkan acara ramah tamah yang diwarnai pemotongan tumpeng yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Malaka, Sekda dan Seluruh Pimpinan SKPD dan seluruh pejabat eselon dilingkup pemkab Malaka.
Dalam kesempatan ramah tamah itu diselingi penyerahan hadiah bagi pememang lomba tebe antar puskesmas dan lomba edukasi/ penyuluhan antar dokter puskesmas.

Bupati Malaka menyerahkan bingkisan bagi ibu hamil, pada peringatan HKN.

Bupati Malaka menyerahkan bingkisan bagi ibu hamil, pada peringatan HKN.

Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka, Frida Fahik melalui Ketua Panitia HKN 2016, dr. Sri Charo Ulina kepada wartawan di Betun, Kamis (17/11-2016) mengatakan, pemotongan tumpeng yang digelar disela perayaan HKN tahun ini sebagai wujud syukur bahwa kita di Kabupaten Malaka masih diberi kekuatan dan kesehatan yang baik sehingga masih bisa memberikan pelayanan yang baik kepada rakyat dibidang kesehatan.

Ulina mengatakan dalam rangka memperingati HKN tahun 2016 telah diselenggarakan lomba tebe antar 17 Puskesmas dan pemenang lombanya Juara I : Puskesmas Betun, Juara II, Puskesmas Seon, Juara III, Puskesmas Weliman.
Sementara itu untuk lomba edukasi/ penyuluhan antar dokter puskesmas pemenang lombanya : Juara I, dr. Yuliakli Bimanto dari Puskesmas Weoe, Juara II, dr. Eva Luchinta dari Puskesmas Kaputu dan Juara III, dr. Isnawati dari Puskesmas Weliman.

Baca Juga :   Badan Pengurus IMATTU Dilantik. Ketua Umum Rencanakan Bangun Sekretariat"

Selain itu menurut dr. Lina begitu panggilan akrabnya kepada wartawan mengatakan selain kedua lomba diatas panitia menggelar lomba puskesmas bersih dan saat ini masih dalam proses penilaian.
Lina mengatakan dalam rangka merayakan HKN tahun ini digelar juga kegiatan pelayanan kesehatan daerah terpencil di puskesmas perbatasan seperti Alas, Namfalus, Besikama dan Tafuli. Kita juga menggelar pemutaran film PHBS di desa terpilih.
Khususnya di Puskesmas Besikama digelar acara Senam sehat bersama, CTPS massal, lomba cerdas cermat, lomba menulis kesehatan, kampanye dokter kecil, Penyuluhan PHBS dan Kesehatan Dasar, Pemeriksaan Gigi dan mulut. Kegiatan di besikama dihadiri 17 SD di wilayah Kecamatan Malaka barat dengan jumlah siswa 204 siswa, 7 PAUD berjumlah 70 orang, 5 SMA berjumlah 50 orang.
Guru pendamping Paud 14 orang, SD 34 Orang,SMP 14 orang dan SMA 10 orang guru.
Puncak Perayaan HKN di Malaka ditandai pemeriksaan deteksi PTM (Gula Darah dan Kolestrol) dan penyerahan secara simbolis paket ibu hamil kepada masyarakat. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top