RAGAM

Tanggulangi HIV/AIDS di Malaka, Pemerintah Alokasikan Rp 200 Juta

BETUN, Kilastimor.com-Pemkab Malaka Alokasikan Dana Rp 200 juta untuk penanggulangan HIV/AIDS tahun 2016. Pada tahun 2017, Pemda akan mengalokasikan dana yang lebih besar sesuai perencanaan guna mengeliminir AIDS di Kabupaten Malaka. Selain melakukan pengobatan kepada penderita, Pemkab juga melakukan sosialisasi kepada maayarakat agar paham menjaga kesehatan supaya menghindari penyakit yang membahayakan generasi bangsa. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Malaka, Daniel Asa kepada wartawan usai axara pertemuan dan sosialisasi tentang HIV/AIDS oleh Tim KPA Provinsi NTT di Betun, Jumat (11/11/2016).

Daniel Asa

Daniel Asa

Wabub Asa mengatakan, persoalan AIDS merupakan fenomena gunung es yang cukup membahayakan sehingga harus diwaspadai semua komponen masyarakat di Kabupaten Malaka. Penanganannya harus dilakukan dengan baik dan melalui perencanaan yang matang.
“Kita di Kabupaten Malaka sudah membentuk Pengurus KPA tingkat Kabupaten dan diharapkan bisa bekerja secara optimal sesuai tujuan pembentukan KPA di Kabupaten Malaka. Tahun 2016 kita sidah alokasikan dana sebesar Rp 200 juta bagi KPA supaya bisa menjalankan kegiatannya di Malaka. Tahun 2017 kita akan mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk penanggulangan AIDS di Malaka. Kita akan melihat perencanaan dan program kerja KPA Kabupaten Malaka dalam merancang dan merencanakan programnya untuk tahun 2017. Kita akan ajukan dalam sidang APBD tahun 2017 untuk mendapatkan persetujuan dewan. Kita sangat optimis dewan akan mendukung kegiatan itu untuk mengeliminir pergerakan AIDS di Malaka,” terangnya.

Baca Juga :   Winston Rondo akan Luncurkan Bukunya Tentang Masyarakat Perbatasan

Dia berharap, KPA yang sudah dibentuk bisa bekerja dengan baik dan cermat untuk mrndeteksi penyebaran AIDS di Kabupaten Malaka. Kita juga harapkan KPA bisa mengidentifikasi para penderita AIDS untuk mendapatkan penanganan secepat mungkin. Kita jangan biarkan penyakit itu merajalela di Malaka”

Kedepan, Pemerintah melalui KPA Malaka perlu melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya HIV/AIDS bagi warga, pola-pola penyebaranya dan cara mengatasi dan menghindari penyakit itu.
Salah satu strategi mengeliminir perkembangan penyakit AIDS di Malaka adalah melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman yang baik dan benar kepada masyarakat tentang bahaya AIDS bagi warga dan dampaknya serta cara-cara menghindarinya. “Kita harapkan masyarakat melalui sosialisasi bisa membentengi diri dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan dirinya sendiri dan keturunannya,” pungkas dia. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top