RAGAM

Alas, Namfalus dan Besikama dapat Puskesmas Baru dari Menkes

BETUN, Kilastimor.com-Upaya untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terus membuahkan hasil. Salah satunya yakni, pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan telah mengalokasikan anggaran DAK 2017 untuk pembangunan tiga puskesmas di tiga kecamatan di Kabupaten Malaka yakni Kecamatan Kobalima Timur di Alas, Kecamatan Kobalima di Namfalus dan Kecamatan Malaka Barat di Besikama.

Bupati Malaka tinjau Lokasi Puskesmas Besikama, Malaka Barat

Bupati Malaka tinjau Lokasi Puskesmas Besikama, Malaka Barat

Untuk merespon perhatian pemerintah pusat terhadap rencana pembangunan fasilitas kesehatan tersebut, pemkab Malaka telah menyediakan lokasi pembangunan dan sudah dapat dipastikan bahwa lokasi pada wilayah kecamatan yang telah ditentukan, sudah tersedia dengan letaknya yang sangat strategis.

“Sementara kita siapkan lokasi untuk tiga puskesmas yang akan dibangun, terutama untuk memperkuat pelayanan kesehatan dasar didaerah perbatasan. Kementerian Kesehatan sudah alokasikan dana untuk pembangunan fisik puskesmas di tiga wilayah kecamatan itu yakni di Alas, Namfalus dan Besikama. Tanahnya memadai untuk dibangun,” ujar Bupati Stefanus Bria Seran disela-sela melakukan kegiatan survei lokasi untuk pembangunan tersebut, pada Jumat (9/12).

Mantan Kadis Kesehatan Provinsi NTT itu menjelaskan, dari tiga lokasi yang sudah dipastikan untuk bangun fasilitas kesehatan itu, akan disetting dengan baik dan dibangun sesuai dengan prototipe yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan, supaya dapat dimanfaatkan untuk jangka panjang.

Inilah prototipe gedung Puskemas yang akan dibangun tiga kecamatan tersebut.

Inilah prototipe gedung Puskemas yang akan dibangun tiga kecamatan tersebut.

“Kita akan bangun dengan baik memang sesuai dengan prototipe yang diberikan oleh kementerian, sehingga bisa dipakai hingga 50-100 tahun yang akan datang, dan kita tidak pikirkan lagi untuk bangun puskesmas di daerah itu,” tegasnya.

Baca Juga :   KPU: DPS di TTU Sebanyak 163.529 Jiwa

Menurutnya, dana DAK yang dianggarkan oleh Kementrian Kesehatan untuk satu puskesmas nilainya Rp 10 miliar. Dimana bangunan tersebut akan berbeda dengan bangunan puskesmas lainnya, karena tipe bangunan itu sesuai standar yang ditentukan dengan keputusan Menkes. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top