EKONOMI

Catatan Boni Atolan saat Stuba Camat dan Desa di Lembang, Jawa Barat (1). Malaka bisa jadi Pusat Agrobisnis Pulau Timor

BETUN, Kilastimor.com-Kabupaten Malaka yang berada diwilayah Selatan Pulau Timor dan berbatasan darat langsung dengan Negara Timor Leste dan laut dengan Australia Utara menyimpan sejumlah potensi terpendam, yang bisa dijadikan andalan untuk membangun impian dibidang agribisnis antar negara dengan memanfaatkan peluang bisnis segitiga antar Negara Indonesia-RDTL-Australia.
Secara regional pun, Malaka bisa membangun kerajaan agribisnis yang berskala regional dengan memanfaatkan potensi hubungan darat langsung dengan tiga Kabupaten yakni TTU, TTS dan Kabupaten Belu.

Camat Malaka Barat ketika bersalaman dengan Sekcam Lembang.

Camat Malaka Barat ketika bersalaman dengan Sekcam Lembang.

Bagi seorang marketing professional, konsep bisnis antar negara maupun regional bisa menjadi sebuah impian, jika seluruh komponen masyarakat Malaka bersama pemerintah daerah mau bermimpi dan mulai membangun kerajaan bisnis kecil di wilayah perbatasan Negara dan kabupaten tetangga di Malaka. Ada beberapa isu mendasar yang bisa dijadikan catatan bagi pengembangan agribisnis daerah perbatasan.

Pertama, isu kawasan perbatasan Negara saat ini menjadi sentral perhatian pemerintah Indonesia. Ada 16 Kebijakan Presiden Jokowi yang berpihak pada kawasan perbatasan Negara. Salah satunya adalah percepatan akselerasi pembangunan dikawasan perbatasan Negara dengan harapan bisa menjadi show windownya Indonesia bagi dalam berbagai dimensi kehidupan. Pempus tidak main-main membangun infrastruktur wilayah diwilayah kawasan perbatasan. Untuk mempercepat kesejahteraan warga di kawasan perbatasan pempus juga bersedia menggelontorkan anggaran untuk membangun ekonomi di kawasan perbatasan Negara.

Baca Juga :   Cecilia Cortereal Martins Sukses Jalankan Tugas Paskibra di Istana Negara. "Siswi yang Disiplin dan Pandai di SMAN 2 Atambua"

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top