NASIONAL

Infrastruktur di Perbatasan RI-RDTL akan Terus Dibangun

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait tetap berkomitmen untuk membangun infrastruktur jalan dan jembatan sepanjang Wini-Atambua-Motamasin dengan panjang jalan sebanyak 176 km. Tahun 2015, Pempus membangun infrastruktur jalan 45 km, tahun 2016 sepanjang 85 km dan sisanya diselesaikan tahun 2017.

Bupati Malaka ketika mendampingin Presiden dan Menteri PUPR tinjau PLBN Motamasin.

Bupati Malaka ketika mendampingin Presiden dan Menteri PUPR tinjau PLBN Motamasin.

“Tadi saya jalan darat dari Atambua ke Motamasin untuk melihat dari dekat kondisi jalan yang harus mendapatan penanganan kedepan oleh pempus. Pak Jokowi sangat responsif untuk membangun seluruh jalan diwilayah perbatasan yang ditunjang sarana-prasarana lainnya,” bilang Menteri PUPR RI, Ir. Moch. Basoeki Hadimoeljono,M.Sc., Ph.D. kepada wartawan disela acara kunjungan Presiden Jokowi di Motamasin-Kabupaten Malaka, Rabu (28/12-2016).

Pempus melalui kementrian terkait sudah melakukan pemetaan terkait persoalan yang perlu mendapatkan penanganan pempus. Kita dari Kementrian PU tentu akan membangun jalan dan jembatan, sarana air bersih dan perumahan layak huni bagi pengungsi eks tim-tim di wilayah perbatasan RI-RDTL. Itu komitmen pempus yang tidak bisa ditawar.

“Tadi saya laporkan kepada Presiden bahwa selain penyelesaian pembangunan PLBN, pada tahap II tahun 2017 pempus tidak hanya membangun land scape tetapi juga perlu ditunjang dengan fasilitas pendukung seperti perumahan bagi warga eks tim-tim di wilayah perbatasan, sarana air bersih yang memadai dan fasilitas kesehatan yang baik,” katanya.

Baca Juga :   Pemuda Umatoos dan Lasaen yang Kerap Bentrok, Berdamai Didepan Altar Geraja

Di Kabupaten Belu, pihaknya juga sudah membangun Bendungan Rotiklot serta fasilitas perumahan bagi warga eks tim-tim yang bermukim di kawasan perbatasan negara. Hal yang sama akan kita lakukan diberbagai daerah perbatasan negara termasuk di wilayah Motamasin-Kabupaten Malaka. Pembangunan PLBN akan menghabiskan total anggaran sebesar Rp. 973 miliar. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top