NASIONAL

Jaringan Telkomsel Bermasalah Sekitar 13 Jam, NTT Lumpuh Komunikasi

JAKARTA, Kilastimor.com-Masyarakat NTT sekitar 13 jam mengalami putus komunikasi. Hal itu terjadi akibat jaringan Telkom dan Telkomsel bermasalah, sehingga sambungan telepon selular juga pesan singkat (sms), BBM dan WA maupun browsing internet terhenti total.
Media ini, Rabu siang berulang kali menghubungi sejumlah sahabat di Kupang, Manggarai, Sumba Timur dan Maumere, Lembata, Kefamenanu dan Atambua, namun sama sekali itidak tersambung. Yang terdengar hanya nada tulalit.

Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Menurut hitungan media ini, lumpuhnya komunikasi di seluruh area NTT, terjadi mulai sekitar pukul 14:00 WIT dan baru kembali normal pada pukul 02:00 WIT. Media ini baru bisa mendapat sambungan telepon pada pukul 01:00 WIB atau pukul 02:00 WIT.

Informasi yang diterima menyebutkan, adanya gangguan teknis di Bima, NTB, akibat banjir menerjang sejumlah tower Telkom, sehingga terputus sambungan ke NTT. Selain itu, ada juga informasi beredar bahwa, layanan Telkom dan Telkomsel terganggu akibat meletusnya gunung di Ende.

Namun hingga kini belum ada penjelasan lengkap dari pihak berwenang baik Telkom maupun Telkomsel, terkait lumpuhnya komunikasi di NTT, yang terjadi Rabu (21/12) siang hingga dini hari itu.

Salah satu pelanggan Telkomsel, Semuel Haning kepada media ini mengaku, komunikasi lumpuh diseluruh NTT sekitar 13 jam. “Kami sebagai pelanggan belum tahu apa masalah, sehingga tidak bisa berkomunikasi sama sekali,” papar Ketua Yayasan PGRI Kupang itu.

Baca Juga :   Kapolda: Pelayanan SIM, SKCK Harus Transparan

Dia berharap, operator telekomunikasi baik itu PT. Telkom dan Telkomsel, untuk mengantisipasi gangguan, sehingga tidak berlama-lama. Petugas teknis, hendaknya siaga mengatasi gangguan dengan cepat, sebab intensitas komunikasi semakin tinggi dan telah menjadi kebutuhan primer saat ini. “Namanya gangguan kita mengerti. Tapi harus segera diatasi lebih cepat. Hampir 13 jam, kita tidak bisa pake hp, untuk telepon, sms maupun lainnya,” pungkas dia. (fed)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top