EKONOMI

Pelaku Pariwisata TTU Perlu Miliki SDM yang Mumpuni

KEFAMENANU, Kilastimor.com-Dinas Pariwisata TTU menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengembangan sumber daya pariwisata di Hotel Livero, Jalan Eltari, Kelurahan Kefamenanu Selatan, Kota Kefamenanu. Kegiatan yang diselenggarakan 20-21 Desember 2016 itu, bertujuan menguatan SDM pelaku pariwisata di TTU.

Kegiatan Bimtek Pariwisata di Kefamenanu.

Kegiatan Bimtek Pariwisata di Kefamenanu.

Sesuai pantauan media ini, hadir Staf Khusus Sekretaris KementErian Pariwisata, I Gusty Ngurah Putra sebagai pemateri. Pasalnya, Presiden Jokowi telah menetapkan sektor pariwisata sebagai program nasional, di NTT Gubernur NTT sudah berkomitmen untuk terus mengembangkan serta menggenjot sektor pariwisata sebagai sektor yang mendatangkan income besar pada Pendapatan Asli Daerah di NTT dan TTU pada khususnya.

I Gusty Ngurah Putra menegaskan, TTU merupakan salah satu daerah yang mempunyai potensi besar, disektor pariwisata. Namun yang menjadi persoalan yakni pelaku pariwisata kurang memiliki SDM yang sebanding, guna pengelolaan sektor pariwisata yang baik sesuai dengan SAPTA Pariwisata.
Lanjutnya, Pemda TTU harus terus membenahi aksebilitas, sarana prasarana dan SDM para pelaku pariwisata, sehingga benar-benar menghadirkan income ke daerah.

Ketua Himpunan Pariwisata (HPI) TTU, Siprianus Silab mengapresiasi kegiatan ini. Sebab sangat berhubungan dengan TTU kedepan, menjadi daerah destinasi pariwisata. Para pelaku pariwisata harus siap untuk menjadikan daerah ini khusus sektor pariwisata benar berarti. Dari sisi informasi harus diakui perlu adanya pembaharuan sehingga pengunjung tidak binggung datang ke TTU. SDM pun harus terus diperbaiki sehingga tidak sekedar nama diatas kertas.

Baca Juga :   Bupati Malaka Harus Berpikir Besar untuk Kebanggaan Orang Malaka

Sekretaris Dinas Pariwisata TTU, Yohanes Sanak menyambut positif kegiatan ini, apalagi langsung dari kementrian Pariwisata. Paling tidak kegiatan ini bisa merubah mindset para pelaku pariwisata agar mampu dari segi SDM sehingga produk pariwisata di TTU dapat berkembang dan berdaya saing.

Dikemukakan, pengembangan Pariwisata di TTU.sektor pariwisata berdampak besar bagi pendapatan daerah, sehingga perlu konsen sehingga produk pariwisata di TTU mampu mendatangkan pengunjung baik regional, nasional maupun Internasional. (jos)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top