EKONOMI

Pemerintah Harus Tegas Eksekusi Program RPM

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka melalui Dinas Pertanian harus tegas mengeksekusi program RPM sesuai‎ perencanan seperti yang dirancang tim ahli Undana. “Tadi kita sudah melihat dari dekat usaha dibidang peternakan itik, ayam, lele, domba . Ternyata dari penjelasan petani dan pendamping tim ahli Undip. Semua bidang usaha itu bisa dikembangkan di Malaka karena potensi pakan lokal serta peluang pasar kita cukup terbuka. Kita minta sepulangnya dari stuba, dinas pertanian bisa memfasilitasi dan mengintervensi dengan bantuan anakan itik supaya bisa dikelola dan dikembangkan sesuai hasil stuba. Kita harus berani buat terobosan usaha. Kita punya tim ahli Undana yang bisa dampingi sehingga secara teknis bisa mendapatkan pengarahan sesuai disiplin ilmu yang mereka miliki,” jelas Petani asal Desa Umakatahan, Hendrikus Dini kepada wartawan disela acara peninjauan budidaya itik di Pati-Propinsi Jawa Tengah, Selasa (6/12/2016).

Peternakan domba

Peternakan domba

Dikatakan, tahun ini ada eksekusi program RPM melalui OVOP yang didampingi tim ahli Undana. Hal ini harus di mulai dengan apa yang ada, termasuk pengadaan anakan itik dan anakan domba sehingga bisa dimulai.

Kalau bisa bilangnya, dinas teknis membantu anakan itik dan kambing kepada petani yang ikut stuba ini, supaya bisa ditindaklanjuti hasil stuba melalui kegiatan riil di lapangan. “Kita sudah berdiskusi banyak dengan tim ahli dan mereka siap mendampingi dan menjadi konsultannya kelompok tani yang berusaha dibidang itu,” tuturnya. (boni)

Baca Juga :   Marungga Bakal Masuk dalam Komoditi RPM
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top