RAGAM

Perolehan Suara Dua Cakades Nanebot Imbang, Pilkades Bakal Diulang

BETUN, Kilastimor.com-Pemilihan Kepala Desa serentak di Malaka sudah digelar. Sejumlah desa berhasil memiliki kepala desa terpilih. Hasil berbeda terjadi di Desa Nanebot, Kecamatan Rinhat. Pasalnya, dua calon kepala desa (Cakades) peraih suara tertinggi, memiliki jumlah suara yang sama alias draw. Karena hasil tersebut, Pilkades tersebut bakal diulang. Kedua calon berdasarkan perhitungan, masing masing 97 suara.

Agustinus Nahak

Agustinus Nahak

“Tadi kita sudah laporkan kepada Bupati dan sesuai arahan perlu dikaji lagi regulasinya. Kalau memungkinkan dilakukan revisi Perbup dan besok bupati akan tanda tangani Perbub itu, sehingga pilkades akan digelar kembali disana untuk mencari kades definitif. Sayangnya dia tidak menyebutkan nama kedua cakades itu,” papar Kaban BPMPD Malaka, Agustinus Nahak kepada wartawan di Betun, Kamis (22/12/2016).

Karena hasil pilkades imbang itu, paparnya, bupati dalam arahannya, agar BPMPD memeriksa aturan dan revisi kembali Perbup. “Malam ini Kabag Hukum bersama jajarannya lagi merevisi Perbup, sehingga besok ditandatangani bupati dan dilakukan pemilihan ulang dalam waktu dekat.

Sementara itu, di desa Numponi-Kecamatan Malaka Timur dilaporkan ada sedikit insiden aksi protes tiga calon kades, yang meninggalkan TPS setelah pencoblosan dan berkeberatan dengan perhitungan surat suara. Hal ini terjadi karena salah satu warga yang masih sekolah SMP ikut mencoblos. “Kita sudah cek di panitia ternyata siswa smp itu sesuai surat permandian dan ijasah yang dimiliki sudah berusia 20 tahun, namun masih SMP. “Kita tetap meminta kepada panitia supaya tetap melakukan proses perhitungan karena sesuai data dan dokumen yang ada, siswa itu sah dan memiliki hak coblos karena tidak dibawah umur,” tegasnya.

Baca Juga :   18 Pedagang di Kota Betun Segera Direkolasi

Secara keseluruhan proses pilkades bagi 68 desa di Malaka berjalan lancar dan baik. “Tadi kita monitor dari jumlah diatas sudah ada 12 desa yang tuntaskan perhitungan surat suara dan lainnya sementara melakukan proses perhitungan di lapangan,” imbuhnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top