RAGAM

Takalapeta: Program RPM, Kesehatan dan WTP di Malaka Merupakan Langkah Maju

BETUN, Kilastimor.com-Anggota Komisi II DPRD Provinsi NTT, Ansgerius Takalapeta memuji Pemda Malaka yang berani membuat gebrakan dengan program yang pro rakyat. Sebagi daerah baru, langkah yang ditempuh pemerintah sangat tepat karena bisa membangun daya tarik daerah ini, agar dikenal masyarakat luas.
Gebrakan Pemda Malaka merupakan satu langkah maju untuk penataan diri kedepan. ‎Sebuah daerah bisa maju kalau berbagai komponen masyarakat termasuk pemerintah mampu membangun daya tarik. Hal itu disampaikan Anggota Komisi II DPRD Provinsi NTT saat beraudiensi dengan Pemda Malaka di Betun, Jumat (2/12/2016).

Ansgerius Takalapeta

Ansgerius Takalapeta

Ans Takalapeta sapaan karibnya yang pernah menjabat sebagai Bupati Alor dua periode itu, dihadapan forum diskusi mengatakan, kalau satu daerah ingin maju maka harus berani membangun daya tarik. Yang menarik di Malaka, terobosan yang dilakukan melalui gebrakan Revolusi Pertanian Malaka merupakan sebuah gebrakan yang hebat, dan bisa dijadikan andalan untuk mengenalkan daerah dan mampu menarik orang lain datang ke Malaka.

Revolusi Pertanian Malaka merupakan sebuah gerakan yang dimulai dari budaya masyarakat yakni pertanian. ‎Pertanian itu adalah budaya masyarakat. Kalau ditata secara baik maka kedepan akan menjadi sarana mengenakan daerah. Apa yang disampaikan Bupati Malaka bahwa dalam pelaksanaan RPM akan mengembangkan pisang Malaka. Pisang Malaka itu sebuah mimpi besar. Kalau diwujudkan maka mimpi itu harus diwujudkan. Pemerintah perlu memikirkan supaya pisang Malaka itu perlu ada sertifikasi nasional sehingga ada pengakuan negara.

Baca Juga :   Bupati Malaka: Makaraek Diganti karena Bermasalah Sesuai Hasil Pemeriksaan Inspektorat

Misalnya, pisang Luan yang selama ini dipasok dari Malaka yang merajai Kota Kupang, bisa diseting dengan nama pisang Malaka. Kalau sudah disertifikasi maka hal itu akan mengharuskan nama daerah. Kalau pisang itu dikembangkan selama 5 tahun maka bisa dilakukan sertifikasi dan secara nasional Kabupaten Malaka dikenal mengembangkan pisang Malaka. Ini sebuah strategi untuk membangun daya tarik daerah. Biasanya kalau sudah mendapatkan pengakuan negara maka bisa mendapatkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik yang mau datang melihat dan belajar teknik budidayanya. Langkahnya, rencana itu perlu dipaparkan di kementerian agar ada pemahaman yang sama.

Pada kesempatan yang sama, dia memberi apresiasi kepada Pemda Malaka dengan memcanangkan kejar WTP. Ini merupakan satu langkah yang hebat. Itu sebuah start point yang bagus untuk kenalkan daerah ini. “Kita patut memberikan apresiasi kepada pemkab Malaka karena sebagai kabupaten baru mau mendobrak dengan kejar WTP. Tadi saya agak terkejut ketika masuk di kantor pemda, karena disetiap pegawai memasang pin kejar WTP di dada. Ini merupakan satu langkah baik untuk penataan kabupaten ini kedepan. Pemimpin definitif dilantik belum satu tahun tetapi berani mengambil langkah hebat untuk menata daerah ini. Tentu hal itu akan menjadi motivasi kerja pegawai sekaligus menjadi daya tarik tersendiri untuk mengenalkan Malaka kedepan,” urainya.

Salah satu isu yang bisa dijadikan modal di Malaka adalah dibidang kesehatan. Bupati Malaka yang sebelumnya menjadi Kadis Kesehatan Provinsi NTT, akan menjadi daya tarik tersendiri. Saat ini semua mata lagi tertuju ke Malaka, tentang apa yang mau dilakukan dibidang kesehatan apalagi persoalan kesehatan menjadi salah satu program prioritas bupati.

Baca Juga :   Catatan Refleksi Menuju Revolusi Pertanian Malaka (2). Penyuluh Minim fasilitasi untuk Mendukung Pekerjaan di Lapangan

“Saya melihat rumah sakit rujukan bisa diproyeksikan di Malaka kedepan, karena ketersediaan SDM dibidang kesehatan. Kita sangat yakin karena pemerintah sudah wellcome mendatangkan dokter ahli dan mau menyekolahkan dokter ahli. Hal itu bisa jadi salah satu potensi mengenalkan daerah ini kedepan sehingga bisa dikenal masyarakat luas,” pungkasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top