EKONOMI

Terkait RPM, Tim Ahli Undana Siap Realisasikan OVOP

BETUN, Kilastimor.com-Tim Ahli Undana yang mendampingi pelaksanaan Revolusi Pertanian Malaka (RPM) siap meralisasikan OVOP tahun 2017. Pihaknya sudah membuat grand design program dan juknis terkait realisasi program dimaksud. Hal itu sebagai bentuk kepedulian dan komitmen kerja sama pemerintah dengan tim ahli Undana. Hal itu disampaikan Koordinator Tim Ahli Undana, Heri Kota kepada wartawan disela acara pelaksanaan studi banding petani Malaka di Jogyakarta, Jumat (9/12/2016).

Heri Kota

Heri Kota

Heri mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya terkait pelaksanaan program OVOP. Sesuai perencanaan kita sudah melakukan pemetaan terkait pemetaan komoditi sehingga setiap daerah akan dikembangkan komoditi unggulan sesuai potensi daerah. Itu sudah ada dalam grand design dan juknis sehingga tinggal direalisasi sesuai perencanaan yang dibuat.

Dalam konsep itu, pihaknya mengembangkan komoditi yang menjadi ciri khas daerah yang bersangkutan. Daerah itu akan dikenal karena memiliki keunggulan karena membudidayakan dan memproduksi komoditi sesuai perencanaan.

“Kita dari tim ahli sangat siap melakukan pendampingan terkait eksekusi program dimaksud. Kita sangat serius dan tidak main-main. Saat ini kita mendampingi kelompok tani belajar dan stuba di Jawa Tengah dan DIY tekait pertanian peternakan dan perikanan. Kita harapkan mereka bisa melihat langsung di lapangan, mendengar dan belajar dari kelompok petani yang sudah maju,” katanya.

Dari proses yang berlangsung selama stuba, para petani sangat responsif melakukan dialog, bertukar informasi dan melihat langsung kondisi riil di lapangan. “Kita berharap ada perubahan mindset dan motivasi kerja terkait usaha dibidang pertanian terpadu. Mereka tidak hanya melihat tehnologi pertanian tetapi juga pengelolaan organisasi kelompok, produksinya, pasca panen dan pemasaran. Kita datang kesini bukan hanya sendiri tetapi diterima dan didampingi tim ahli pertanian dan perikanan UNDIP dan UGM, yang selama ini mendampingi petani disana hingga sukses. Mereka bukan hanya sukses produksi tetapi juga sukses pengolahan hasil dan sukses pemasaran. Semuanya terukur dan membawa hasil yang optimal bagi petani. Keberhasilan petani yang dikunjungi sudah mencapai juara pertama di provinsi dan juara juga ditingkat nasional,” ujarnya.

Baca Juga :   SBS-DA: Bapak SBY Berpesan untuk Tidak Umbar Janji

Kalau lihat dari potensi, Malaka punya potensi yang hebat, namun belum dikelola secara baik dan benar. Melalui program OVOP pihaknya akan realisasikan impian petani di Malaka.
“Kita sudah melalukan persiapan bagi kelompok melalui program FGD. Dan pelaksanaan stuba kali ini sebagai tindak lanjut dari FGD. Saat pulang Malaka kita segera meralisasikan apa yang sudah direncanakan. Yang jelas saat ini tim ahli sangat siap untuk realisasikan semua program. Tinggal saja dinas pertanian sebagai pemilik program mengeksekusi anggaran untuk mendukung semua program yang sudah direncanakan,” imbuhnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top