RAGAM

Tingkatkan Kapasitas Pengelola Keuangan, Pemda Malaka dan BPKP Gelar Bimtek

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka menggelar bimtek terkait pengelolaan keuangan dan aset, bekerjasama dengan BPKP Provinsi NTT. Kegiatan itu diikuti 97 pengelola keuangan yang tersebar diseluruh SKPD termasuk kecamatan. Bimtek itu dimaksudkan agar para pengelola keuangan daerah bisa memahami cara kerja sesuai sistim Simda sebagai alat bantu.
Kegiatan itu berupa penyampaian materi dan implementasi penggunaan aplikasi Simda. Hal itu disampaikan Kadis PPKAD Malaka, Aloysius Werang kepada wartawan disela acara pembukan bimtek di Betun, Selasa (13/12/2016).

Aloysius Werang

Aloysius Werang

Werang mengatakan, bimtek kali ini pihaknya bekerja sama dengan BPKP Provinsi NTT terkait pengelolaan keuangan dan aset daerah. Kerja sama itu merupakan langkah yang dilakukan untuk mengatasi persoalan didalam pengelolaan keuangan daerah. Masalahnya, pihaknya masih menghadapi banyak kendala didalam pengelolaan keuangan daerah.

Secara keseluruhan, kapasitas SDM masih rendah dan menjadi persoalan yang sangat mendasar. Melihat kondisi itu, pihaknya bekerjasama dengan BPKP melalui kegiatan bimtek selama tiga hari kedepan. Hari pertama BPKP menyampaikan materi secara teori. Mulai besok kita akan mulai dengan implementasi penggunaan aplikasi Simda sebagai alat bantu.

Dia berharap melalui kegiatan bimtek itu, kapasitas aparatur pengelola leuangan disetiap SKPD semakin membaik. Dengan demikian laporan keuangan yang menjadi salah satu indikator pengukuran kinerja pengelola keuangan menjadi lebih baik melalui penyampaian opini oleh BPK

Baca Juga :   Terkait Pelayanan BBM di SPBU, DPRD Malaka Bakal RDP dengan Bagian Ekonomi dan Pengusaha

Tahun depan kata dia, pihaknya merencanakan untuk diadakan bimtek yang sama bagi desa. Desa bagian dari target kita karena laporan pertanggungjawaban desa kedepan menjadi laporan tersendiri, dalam laporan keuangan pemerintah daerah. Sehingga melalui BPMPD diharapkan laporan keuangan bisa dihimpun secara baik agar menjadi laporan keuangan pemerintah daerah. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top