RAGAM

Tumbuhkan Budaya dan Minat Baca Remaja Belu, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Gelar Lomba

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pemda Belu terus bupaya mempertahankan dan memperkenalkan budaya kepada generasi muda. Salah satu upayakan itu yakni menggelar lomba cerita rakyat Belu dan pemilihan duta baca anak dan remaja, tingkat SMP, SMA dan SMKN se-Kabupaten Belu.

Salah satu peserta lomba certa rakyat Belu sedang membacakan ceritanya.

Salah satu peserta lomba certa rakyat Belu sedang membacakan ceritanya.

Lomba yang digelar Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Belu, Kamis (15/12/2016) itu, dibuka oleh Wakil Bupati Belu, J.T. Ose Luan, dihadiri Plt Kantor Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumen Belu, Ulu Emanuel, perwakilan Sekolah-sekolah serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan akan cerita rakyat dan minat baca bagi para pelajar generasi muda tersebut, akan berlangsung selama dua hari hingga Jumat. Adapun peserta lomba tersebut diikuti sebanyak 17 SMP dari Kecamatan Kota Atambua, Atambua Selatan, Atambua Barat dan Tasifeto Timur, juga peserta 8 SMA/SMKN dari sembilan Kecamatan dalam Kabupaten Belu.

Menurut panitia pelaksana, inti dari rangkaian kegiatan lomba yang dilakukan bukan hanya seremonial biasa, akan tetapi melalui lomba tersebut menjadikan media pendidikan yang nantinya akan kita berbagi kepada para generasi muda bangsa Indonesia, khususnya yang ada di perbatasan Belu. “Ini digelar agar anak-anak tahu dan tidak melupa cerita rakyat, atau dongeng yang ada di daerah ini, dan semakin menarik minat membaca para pelajar khususnya yang ada di pelosok untuk datang ke perpustakaan,” jelas Ketua Panitia, Jhoni Martins ketika dihubungi media di Kantor.

Baca Juga :   Malaka Diguncang Gempa dengan Magnitudo 4,3 SR

Sekretaris Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah itu melanjutkan, untuk juri lomba dihadirkan dari lembaga pendidikan sebanyak dua orang dan satu dari pihak Perpustakaan. Nantinya bagi peserta yang juara akan diberikan hadiah dan penghargaan, begitu pula dengan peserta lainnya. Hal itu dimaksudkan agar para pelajar tetap termotivasi untuk terus belajar dan kembangkan kreatifitas yang dimiliki.

“Kegiatan lomba ini juga menumbuh kembangkan semangat dan merangsang dalam membaca. Yang juara akan kita dorong ikut lomba di tingkat Provinsi, Kalau juara lagi di provinsi, maka akan kita lanjutkan ke tingkat nasional,” ujar dia.

Dia menguraikan, di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumen Belu telah ada kurang lebih 300 judul buku yang baru didatangkan guna mendukung pelajar dalam meningkatkan membaca buku. Kedepan pihaknya akan gencot minat membaca generasi dini dengan pelayanan perpustakaan keliling ke setiap pelosok sehingga menjadi media perpustakaan.

Sebelumnya, Wakil Bupati, JT. Ose Luan mengatakan, kegiatan lomba ini menjadi tantangan bagi generasi muda pelajar sekolah untuk berani tampil dalam berbagai kegiatan publik. Diharapkan, melalui kegiatan lomba yang diselenggarakan selama dua hari kedepan ini, mental para pelajar baik yang di tingkat SMP maupun SMA/SMKN semakin baik dan berani, tidak ragu atau takut untuk tampil di publik dalam kegiatan lomba lainnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top