RAGAM

Warga Malaka Barat Apresiasi Pembangunan Jalan Lingkar Besikama

BETUN, Kilastimor.com-Warga Besikama, Malaka Barat memberikan apresiasi kepada pemerintah yang sudah memperbaiki jalan lingkar Besikama, yang selama ini dirusak dan diterjang banjir Benenain beberapa waktu lalu. “Ini keputusan tepat pemerintah memperbaiki kembali jalan lingkar itu, karena termasuk jalan yang sangat bersejarah bagi warga Malaka Barat, khususnya di Besikama. Sebagai wujud apresiasi kita putuskan membangun pagar indah sepanjang jalan lingkar itu termasuk didepan jalan negara, jalan propinsi, jalan Kabupaten, jalan desa dan dusun. Itu wujud partisipasi nyata kita untuk menciptakan keindahan dan kenyamanan di Malaka Barat khususnya di Besikama,” bilang Camat Malaka Barat, Efraim Bria Seran kepada wartawan disela pelaksanaan rapat koordinasi yang dihadiri para kades, sekdes, aparat kecamatan dan beberapa stake holder lainnya di Besikama belum lama ini.

Efraim Bria Seran

Efraim Bria Seran

Dikatakan, pihaknya sudah melakukan rapat bersama seluruh jajaran dan ada kemauan besar peserta, untuk membangun pagar indah disepanjang jalan lingkar Besikama termasuk jalan didalam desa dan dusun. Ini salah satu wujud aperesiasi warga dan rasa terima kasih warga kepada Bupati dan Wabup Malaka, yang mau membangun kembali jalan lingkar Besikama yang rusak diterjang banjir bandang.
Dalam rapat evaluasi dan rencana kerja tahun 2017, pihaknya akan jadikan sebagai program prioritas kecamatan yang perlu direalisasikan.

Menurut Efraim, ada beberapa isu strategis yang dicuatkan ke permukaan rapat oleh peserta yakni tingkat partisipasi warga dalam setiap kegiatan Kabupaten yang dipusatkan di Kecamatan Malaka Barat tahun 2016, baru mencapai 80 persen sehingga dalam tahun 2017 supaya ditingkatkan. Ciri khas daerah yang mau maju adalah partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan harus tinggi. “Kita akan upayakan dalam tahun 2017 bisa mencapai 90 hingga 95 persen tingkat partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan,” sebutnya.

Baca Juga :   2017, PLN Listriki Lima Desa di Belu. Ini Nama Desa-desa Itu

Dalam rapat evaluasi dan perencanaan 2017, pihaknya juga meminta supaya warga siap menerima dan mendukung pembangunan fasilitas Puskesmas Prototipe A di Besikama pada tahun 2017 nanti, untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Malaka Barat.

Dalam rapat evaluasi tadi juga ada harapan kuat masyarakat supaya memiliki nama jalan yang ada di setiap desa dan dusun. Diputuskan setiap desa perlu membuat sketsa jalan didesa dan dusun, yang menghubungkan antar desa di Malaka Barat. Jalan-jalan itu harus dibangun bersambung dan konek antar desa. Sketsa jalan itu dan usulam nama-nama jalan di desa untuk disampaikan kapada Bupati melalui Dinas Perhubungan Malaka untuk ditindaklanjuti sesuai kebijakan Bupati. “Kita proaktif siapkan semuanya sebagai wujud nyata dan dukungan terhadap implementasi visi dan misi bupati Malaka untuk meletakkan fondasi yang kokoh dan dinamis di Malaka,” pungkasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top