RAGAM

17 Februari Kades Terpilih di Malaka Dilantik

BETUN, Kilastimor.com-Komisi I DPRD Malaka, Senin melakukan rapat tertutup bersama Bupati Malaka Stefanus Bria Seran terkait Pilkades serentak 2016 yang telah digelar 22 Desember lalu.

Stefanus Bria Seran

Stefanus Bria Seran

Ketua Komisi I, Dody Tei Seran mengatakan, Komisi I DPRD Malaka menerima pengaduan dugaan pelanggaran Pilkades serentak di 6 desa penyelenggara. Kebanyakkan pengaduan terkait banyaknya surat suara yang terbakar akibat terdapat dua lubang pada satu surat suara. Hal ini dituding pelapor sebagai penyebab kekalahan dari beberapa calon kepala desa pada pilkades lalu. Oleh sebab itu, pihaknya meminta agar hal ini dapat menjadi pembelajaran agar tidak terulang kembali di pilkades yang akan datang.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran yang dikonfirmasi terkait rapat tertutup tersebut mengatakan, sebelum DPRD menyarankan untuk membentuk tim guna menyelesaikan pengaduan masyarakat, dirinya telah membentuk tim klarifikasi terkait sengketa hasil pilkades. Saat ini, tim yang terdiri dari 5 orang tersebut sedang bekerja dan diharapkan diakhir Januari mendatang dirinya bisa menerima laporan hasil klarifikasi.

Sejauh ini tambah bupati, Pemkab Malaka sudah menerima 16 pengaduan terkait sengketa hasil pilkades. Nantinya akan pilah, yang menyangkut administrasi dan tahapannya kita yang proses namun menyangkut masalah pidana silakan diadukan ke pihak kepolisian.

Dirinya menegaskan pelantikkan pilkades terpilih akan dilakukan sebelum 17 Februari mendatang. Proses pelantikkan akan dilakukan serentak di tingkat kecamatan. Sedangkan untuk acara serah terima jabatan, akan dilakukan di desa masing-masing. (richi anyan)

Baca Juga :   Besok Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT Pilkada Malaka
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top