NASIONAL

6.020 KK di Kota Kupang, Terima Bantuan Sosial Non Tunai PKH

KUPANG, Kilastimor.com-Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu langka strategis mengentaskan kemiskinan di daerah.

“Program PKH yang merupakan program pemerintah pusat telah dilaksanakan sejak tahun 2007 di enam kecamatan di Kota Kupang dengan total penerima PKH sebanyak 6.020 kepala keluarga dengan tingkat kepuasan yang sangat memuaskan,” kata Asisten II Setda Kota Kupang, Djamal Mila Meha saat menyampaikan sambutan Plt. Walikota Kupang, Yohana Lisapaly pada acara penyaluran bantuan sosial nontunai PKH dan bantaun hiba dalam negeri yang dilaksanakan di Grand Mutiara Kupang,Selasa (31/1).

Ketua MPR RI pose bersama penerima PKH.

Ketua MPR RI pose bersama penerima Bantuan PKH.

Acara penyerahan bantuan sosial non tunai PKH bantuan hibah dalam negeri itu, dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dan Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher, serta seluruh jajaran pejabat dari lingkup Pemerintahan Kota Kupang dan Provinsi NTT.

Mila Meha mengatakan, kunjungan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dan Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher ke NTT khususnya di Kota Kupang merupakan wujud kepedulian dan komitmen yang tinggi bagi pemerintah dan lembaga tertinggi di tingkat pusat serta pemerintah daerah dan masyarakat Kota Kupang dalam rangka upaya bersama mengentaskan kemiskinan.

“Kami sunggu menyadari penanggulangan kemiskinan harus dilakukan secara bertahap, terpadu, sinergik dan terencana yang dilandasai dengan kemitraan dan keterlibatan berbagai pihak yang bersinergi sebagai suatu gerakan bersama dalam penanggulangan kemsikinan, guna pemenuhan hak-hak dasar masyarakat miskin untuk kehidupan yang lebih layak,” lanjut Mila Meha.

Baca Juga :   Bupati Malaka Serahkan 74 Sepeda Motor Kepada Kepala Desa

Oleh karena itu, kata Mila Meha, sebagai salah satu langka strategis mengetaskan penurunan angka kemiskinan melalui berbagai kebijakan dan program adalah Program Keluarga Harapan yang merupakan program pemerintah pusat yang dimana telah dilaksanakan sejak tahun 2007 di enam kecamatan di Kota Kupang dengan total penerima PKH sebanyak 6.020 kepala keluarga dengan tingkat kepuasan yang sangat memuaskan.

Sekretaris Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, Margowi Yono mengatakan, kegiatan ini bagi kementerian sosial sebagai suatu kebanggaan karena dihadiri pertama oleh ketua MPR, sehingga diharapkan dapat hadir ditempat lain agar menjadi motivasi.

“Kami ingin menyampaikan bahwa PKH adalah bantuan program bantuan sosial masyarakat yang bersyarat yang dilaksanakan oleh kemetrian sosial sejak tahun 2017. Tujuan program ini meningkatkan akseptabilitas pelayanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial untuk mengurangi beban kelaurga miskin dalam jangka pendek serta memutuskan mata rantai kemiskinan dalam kesejangan dalam jangka panjang,” kata Yono.

Sasarannya adalah komponen kesehatan terdiri Bumil dan Balita,dan komponen pendidikan anak usia dari jenjang pendidikan SD sampai SMA,dan komponen tembahannya yaitu distbilitas berat serta dan lansia diatas 70 tahun. ”Di NTT mulai berpertisipasi dalam PKH tahun 2007 dan Kota Kupang yang menjadi lokasi PKH dilakukan. Untuk itu bantuan PKH dari Kementerian Sosial tahun 2017 kepada Kota Kupang dengan nilai total Rp 30.000.927.694. Dia merincikan, bantuan PKH Rp 11 miliar bagi 6.019 ribu KPM untuk bantuan sosial Lansia, dan distabilitas, serta beras sejahtera di Kota Kupang sebesar Rp 8 miliar. Sementara bantaun hibah dalam negeri akan diberikan dalam bentuk paket sandang dan sembako,” jelas Yono. (ify)

Baca Juga :   162 ASN Kabupaten Kupang Terima Lencana Karya Satya. Bupati: Banggakan Karya Kepada Masyarakat
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top