RAGAM

BPJS Kesehatan Atambua Genjot Pembayaran Iuran

ATAMBUA, Kilastimor.com-Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Atambua terus berupaya memudahkan pembayaran iuran.
Salah satunya dengan menggelar sosialisasi Payment Point Online Bank (PPOB) Gathering.

Tim BPJS Atambua pose bersama.

Tim BPJS Atambua pose bersama.

PPOB Gathering merupakan salah satu program BPJS dalam upaya meningkatkan kolektabilitas iuran untuk keberlangsungan atau kesinambungan dari program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS).

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Atambua, Endang Triyana Simanjuntak menyampaikan hal itu usai sosialisasi PPOB Gathering yang bertempat di Kantor BPJS Atambua, Senin (9/1/2017).

Menurut peningkatan kolektabiilitas iuran itu penting, karena salah satu kendala yang terbesar adalah buka ketidakmampuan bayar iuran peserta, tetapi adalah ketiadaan chanel atau akses layanan tempat yang bisa dijangkau para peserta BPJS. “Contoh, peserta niat bayar tapi ketika mereka tidak menemukan adanya chanel-chanel pembayaran yang bisa mengakomodir sehingga mengakibatkan tersendat pembayaran iuran,” ujar dia.

Jelas Endang, untuk daerah NTT, Belu merupakan salah satu daerah yang lokasi peserta BPJS jauh dari tempat pelayanan, dan ini menjadi kendala untuk peserta membayar iuran. Oleh karena itu dengan sosialisasi PPOB Gathering ini, diharapkan teman-teman PPOB bisa bergabung untuk menjadi pusat pembayaran iuran JKN KIS.

“Seperti dari BNI agen 46 bisa bergabung dengan kita, sehingga makin banyak chanel-chanel masyarakat yang bisa mengjangkau semua masyarakat baik di semua daerah maupun di tempat-tempat yang sulit yang tidak ada perbankannya,” harap dia.

Baca Juga :   Wawali Kupang: 534 Pasien Covid-19 Masih Dirawat

Target BPJS kedepan melalui kegiatan ini, semakin tinggi peserta membayar iuran dengan chanel-chanel yang ada sehingga masyarakat makin mudah membayar iuran, sehingga kolektabilitas tercapai. Kolektabilitas ini adalah angka pencapaian dari berapa tagihan iuran sehingga JKN KIS makin berkesinambungan.

“Belum semua PPOB, selama ini hanya beberapa saja yang aktif terutama yang Pegadaian sama Kantor Pos. Untuk PPOB Bank memang belum bisa, tapi sekarang kita sudah dapat info seperti BNI 46 ada kurang lebih 20 yang bisa kita jaring untuk jadikan chanel pembayaran iuran,” terang Endang.

BPJS Kesehatan Cabang Atambua bermitra dengan empat Bank BUMN yakni BRI yang mana kita sedang upayakan BRI link. Jadi BRI link ada 130 outlet yang mana saat ini belum bisa, tapi diharapkan kedepan yang outlet bisa menjangkau pelosok-pelosok daerah. Selain itu mitra dengan BNI, Bank Mandiri dan Bank BTN. Selain Bank kita juga punya PT Pos Indonesia dan Pegadaian yang bisa digunakan peserta untuk membayar iuran. “Untuk PPOB ini ada biaya admind, tapi untuk satu KK saja, misalnya satu KK ada lima orang dia hanya bayar satu admind yakni sebesar Rp 2.500 saja,” tambah Endang. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top