EKONOMI

Dinsos Malaka Seleksi Pendamping UEP

BETUN, Kilastimor.com- Dalam rangka penanggulangan kemiskinan di daerah pesisir, pulau-pulau kecil, dan perbatasan antar negara, Dinas Sosial Kabupaten Malaka mengadakan seleksi pendamping sosial penerima bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Yosef Parera

Yosef Parera

Seleksi yang bertujuan untuk mencari pendamping yang kompeten diadakan di kantor Dinas Sosial Kabupaten Malaka, Jumat (27/01/17).

Program ini merupakan program dari kementrian sosial. Dalam hal ini, Direktorat Fakir Miskin Pesisir, Pulau-Pulau Kecil, dan Perbatasan Antar Negara (Dit. PFM Pesisir, PPK, dan PAN) yang bertugas menangani program ini. Para calon pendamping akan diseleksi oleh Tim dari Kementrian Sosial dan Tim Independen dari perguruan tinggi.

“Ini merupakan program pusat yang dicanangkan oleh kementrian sosial. Kabupaten Malaka adalah salah satu kabupaten di Propinsi NTT yang menerima bantuan UEP dari kementrian sosial,” tutur Kadis Sosial Malaka, Yosef Perera.

Di Kabupaten Malaka, hanya ada dua kecamatan yang mendapatkan bantuan UEP yaitu Kecamatan Malaka Barat dan Kecamatan Wewiku. Dua kecamatan ini ditentukan langsung oleh Kementrian Sosial. Selain Kabupaten Malaka, ada dua kabupaten lain di Propinsi NTT yang mendapat bantuan UEP yaitu Kabupaten Lembata dan Kabupaten Ende.

Sesuai dengan surat yang dikirim oleh Kementerian Sosial kepada Dinas Sosial Kabupaten Malaka melalui Kadis Sosial Propinsi NTT, menurut Yoseph Perera, Dinsos Kabupaten Malaka wajib melakukan perekrutan dan pendaftaran calon pendamping.

Baca Juga :   Bupati Malaka Tepis Isu Cuci Tangan Soal Investasi Garam

Dinsos wajib mendapat minimal 15 orang per kecamatan dan maksimal 30 orang pendaftar. Berdasarkan surat dari Kemensos, Dinsos Kab. Malaka hanya wajib mengirim maksimal 50 orang per kabupaten, sedangkan yang sudah mendaftar lebih dari 90 orang.

“Karena itu, kami akan melakukan seleksi awal untuk dikirim ke propinsi. Selanjutnya, pihak propinsi melakukan seleksi administrasi untuk dikirimkan ke pusat,” jelas Yosef.

Dia juga mengatakan, dengan melakukan seleksi yang digelar, diharapkan untuk bisa mendapatkan calon pendamping yang memenuhi syarat. Tujuannya agar dalam pelaksanaan pendampingan UEP dapat berjalan dengan baik. Ketika pendampingan itu dilakukan dengan baik, maka sudah pasti ekonomi masyarakat akan meningkat dengan sendirinya. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top