HUKUM & KRIMINAL

Kajari: Kemungkinan Ada Tersangka Baru dalam Kasus Dugaan Korupsi Dana Pilkada TTU 2010

KEFAMENANU, Kilastimor.com-Kejaksaan Negeri TTU melakukan penggeledahan dan penyitaan barang bukti di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) TTU, Rabu (18/1). Penggeladahan dan penyitaan dimaksudkan untuk mendapat barang bukti tambahan atas tersangka dugaan korupsi dana Pemilihan Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah TTU tahun 2010 silam.

Penyidik Kejari TTU menggeledah Kantor KPU TTU.

Penyidik Kejari TTU menggeledah Kantor KPU TTU.

Ketua KPU Timor Tengah Utara, Felix Bere kepada Wartawan mengemukakan, penggeledahan dan penyitaan yang dilakukan Kejaksaan Negeri TTU, untuk mencari alat bukti tambahan terkait tersangka dugaan kasus korupsi dana hibah Pemilihan kepala daerah TTU tahun 2010.

Dikatakan, dokumen terkait dugaan korupsi pilkada 2010 sudah diserahkan ke kejaksaan sejak tahun 2013, tetapi karena Kejaksaan masih ingin mencari tahu alat bukti lain, maka kita persilahkan untuk dilakukan penggeledahan dan penyitaan.

Kepala Kejaksaan Negeri TTU, Taufik saat di konfirmasi menjelaskan, sesuai sprindik atas nama tersangka, Asterius da Cunha selaku mantan Ketua KPU TTU dan tersangka Nikolas Bana selaku mantan sekretaris KPU TTU tahun 2010, perlu dilakukan penggeledahan. Ada tiga titik yang dilakukan penggeledahan dan penyitaan, yakni Kantor KPU TTU, rumah Asterius da Cunha dan Rumah Nikolas Bana.

Penyidik Kejari TTU membawa sejumlah barang sitaan.

Penyidik Kejari TTU membawa sejumlah barang sitaan.

Ini dilakukan untuk mencari dan menemukan bukti tambahan terkait dugaan kasus korupsi pilkada TTU periode tahun 2010-2015. Dari hasil ivestigasi ini, jika sudah ada alat bukti kuat, maka kita akan limpahkan. Namun karena belum cukup maka dicari lagi.
Dari hasil audit dan investigasi terdapat Kerugian negara sekitar Rp 900 juta, dari dana keseluruhan Pilkada TTU tahun 2010 sebesar Rp 16 miliar, yang bersunber dari APBN tahun 2010, APBD TTU tahun 2010 dan 2012.

Baca Juga :   Dapat Rekomendasi PKB, TABE Pastikan Ikut Pilkada

Ia menambahkan bahwa terlepas dari dua tersangka dalam dugaan kasus korupsi tersebut, juga tidak menutup kemungkinan adanya tersangka baru sesuai hasil temuan, Pungkasny. (jos)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top