POLITIK

Mengetahui Visi dan Misi Pasangan FirmanMu (1)

KUPANG, Kilastimor.com-Bagi masyarakat Kota Kupang, nama seorang Jefirston Riwu Kore dan Hermanus Man sangatlah tidak asing. Selain karena personal yang rendah hati dan sederhana, juga karena keduanya telah memangku jabatan strategis baik di sisi dunia usaha, politik maupun pemerintahan. Jefirston Riwu kore yang karib disapa Jefri Riwu Kore (Jeriko) merupakan sosok yang telah malang melintang sebagai pengusaha dan dua periode menjadi DPR RI, dari Faksi Partai Demokrat. Kini Jeriko juga sedang memangku jabatan sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi NTT. Sementara itu, Hermanus Man merupakan seorang birokrat tulen, dengan seabrek jabatan, salah satunya menjabat sebagai Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang dan kini sedang menjabat sebagai Wakil Wali (Wawali) Kota Kupang. Di partai politik, kini Hermanus Man duduk sebagai Ketua Dewan Pembina PAN Kota Kupang.
Dari curriculum Vitae yang dimiliki keduanya, jelas terlihat kalau mereka memiliki kompetensi yang kuat, dalam menggapai cita-cita hidup, dan kini telah makan garam alias berpengalaman. Sepertinya hal ini patut dicontoh oleh kita-kita yang sedang berjuang.

Paket FirmanMu

Paket FirmanMu

p

Jefri Riwu Kore dan Hermanus Man dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, kini bersatu dalam ranah politik Pilkada Kota Kupang. Keduanya tidak tanggung-tanggung memakai tagline FirmanMu, yang merupakan ciutan nama keduanya. Mungkin ada makna lain, tentunya silahkan diterjemahkan dan diinterpretasikan sendiri.

Baca Juga :   CSO dan DPO Dilatih Perencanaan dan Penganggaran Oleh HI dan Bengkel APPeK

Untuk diketahui, Pasangan FirmanMu adalah lawan politik pada Pilwalkot Kupang lima tahun lalu. Jeriko kala itu menggandeng Kristo Blasin sebagai calon wakilnya. Sementara, Hermanus Man digandeng wali kota saat ini sebagai wawali. Hampir lima tahun berjalan, Hermanus Man enggan berpasangan lagi dengan kompatriotnya, dan memilih Jeriko sebagai partner yang baru dalam Pilwalkot 15 Februari 2017. “Tentunya pembaca sekalian tahu rahasia umum yang menjadi pemicu pecah kongsi itu”.

Dalam habitus baru itu, kini duet Jefri Riwu Kore dan Hermanus Man dengan nomor urut satu (1), tengah berupaya menahkodai masyarakat Kota Kupang yang kian modern dan dinamis dalam pesta politik lima tahunan. Tentunya banyak pihak telah mengetahui apa yang menjadi bekal ketika memimpin Kota Kupang lima tahun mendatang, yakni periode 2017-2022 mendatang. Ada juga yang masih bertanya apa yang menjadi visi dan misi mereka? Sebagai pemilih, tentunya wajib tahu, sebab itu akan menjadi dasar bagi mereka melihat dan mengerjakan apa yang menjadi harapan masyarakat Kota Kupang.

Kepada media ini, Kamis (4/1/2017), Jefri Riwu Kore secara gamblang menyampaikan apa itu visi dan misi FirmanMu. Dia menguraikan, Visi duet FirmanMu yakni “Terwujudnya Kota Kupang yang Layak Huni, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera dengan Tatakelola Bebas KKN”.
Dari serangkaian kata yang ada, pastinya semua mampu menerjemahkan visi pasangan tersebut, walau dengan versi dan persepsi yang beragam. Namun dari visi yang ada, bisa terlihat bahwa pikiran keduanya sangat visoner dan mengcover seluruh lini kehidupan yang perlu dibangun kedepan. Dan lebih dari itu, keduanya ingin menegaskan bahwa seluruh lini pembangunan yang akan dikerjakan bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme. Sebaik apapun program, namun dijalankan dengan penuh KKN, pastinya tidak bermanfaat bagi masyarakat, dan lebih bermanfaat bagi kantong pemimpin.

Baca Juga :   Pemerintah Tunggu Nomor Register Provinsi untuk Tetapkan Perda

Sedangkan misi FirmanMu katanya, pertama, Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang
sehat, cerdas, berakhlak, profesional dan berdaya saing; Kedua, Mengembangkan perekonomian yang berdaya saing; ketiga, Meningkatkan kesejahteraan sosial dan mengembangkan budaya kota yang tertib, aman, kreatif dan berprestasi
dalam menunjang kota jasa. Misi keempat yakni, Mempersiapkan Kota Kupang menuju metropolitan yang
berwawasan lingkungan; Kelima, Meningkatkan kinerja pemerintah yang efektif, efisien, akuntabel dan
transparan dalam upaya meningkatkan kapasitas pelayanan publik; dan keenam yakni, Meningkatkan pengelolaan keuangan dan pembangunan kota yang akuntabel dan transparan dalam menunjang sistem pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Dikemukakan, misi merupakan penjabaran dari visi yang ada. Dan nantinya, misi itu akan dijalankan dalam program kerja untuk lima tahun mendatang. Mungkin banyak orang akan mengatakan bahwa semua visi misi itu biasa saja. Namun kata orang, setiap pribadi berbeda sekalipun kembar dia itu kembar siam. Pasalnya, semua terletak pada pemikiran, approach atau pendekatan dan pelaksanaan. “Karena itu tidak perlu menyamakan antara pemimpin sebelumnya dan FirmanMu. Pastinya kami berbeda dengan sebelumnya,” beber Jeriko. (Bersambung)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top