HUKUM & KRIMINAL

Pelaku Curanmor Asal Timor Leste Diamankan Buser Polres Belu di TTS

ATAMBUA, Kilastimor.com-Upaya polisi menekan angka curanmor terus dilakukan. Terbaru, tim Buruh Sergap (Buser) Polres Belu dibawah pimpinan Kanit Buser, Aiptu Filomeno Soares berhasil membekuk pelaku pencurian dua unit kendaraan sepeda motor (curanmor). Pelaku Louis Soares warga asal Negara Timor Leste diamankan petugas bersama barang bukti dua kendaraan sepeda motor di Desa Nunkolo dan Mena wilayah Timor Tengah Selatan (TTS).

Inilah barang bukti berupa dua unit sepeda motor yang diamankan Buser.

Inilah barang bukti berupa dua unit sepeda motor yang diamankan Buser.

“Pelaku Louis Sarmento (38) alias Ameta berhasil kita tangkap tadi pagi sekira pukul 10.00 wita. Tersangka adalah warga Jumalain, Suai, Distric Kovalima-Timor Leste,” benar Kasat Reskrim Polres Belu, Iptu Ricky Dally kepada awak media di Makopolres Belu, Selasa (3/01/2017).

Menurut Ricky, tersangka ditangkap karena melakukan serangkaian tindak pidana penipuan dan penggelapan kendaraan sepeda motor. Sesuai laporan polisi satu unit sepeda motor merk Yamaha jenis Jupiter MX atas laporan polisi Polsek Kakuluk Mesak oleh pemilik asal Warga Desa Dualaus Kecamatan Kakuluk Mesak dan satu unit sepeda motor merk Honda jenis Beat Pop atas laporan polisi Polsek Weliman di Kabupaten Malaka.

“Sesuai laporan Polisi, kita kembangkan dua kendaraan itu berada di luar wilayah Polres Belu, dimana laporannya dua kendaraan itu di wilayah Soe dan anggota buser langsung ke lokasi mengamankan pelaku serta barang bukti tersebut,” ujar dia.

Baca Juga :   Paket MS-EN Fokus Pada Empat Masalah Utama di NTT

Dijelaskan, modus operandi yakni tersangka berpura-pura meminjam kendaraan sepeda motor ojek dan kemudian membawa lari. Dia (pelaku-red) tidak menyeberang ke wilayah Timor Leste untuk menjual motornya, tapi pelaku hanya menjual di wilayah Belu, TTS dan juga di TTU sesuai dengan permintaan warga yang akan membeli.

“Tersangka menitipkan motor di rumah warga, apabila ada pembeli baru dijemput motornya. Tindakan ini sudah dilakukan pelaku sebanyak empat kali sesuai laporan polisi di TTS, Belu dan Malaka,” tutur Ricky.

Sesuai pengembangan kasus berdasarkan laporan Polisi Polsek Raihat dan Pospol Napan masih terdapat dua unit sepeda motor milik warga yang hilang. Kedua kendaraan tersebut saat ini dititipkan pelaku di wilayah Napan Kabupaten TTU. “Kita akan segera melakukan koordinasi dengan pihak reskrim Polres TTU untuk secepatnya mengamankan barang bukti dua sepeda motor itu,” ucap dia.

Lanjut Ricky, atas perbuatan tersebut tersangka dijerat dengan pasal 362 yakni telah melakukan tindakan penipuan dan penggelapan dengan ancaman penjara paling lama lima tahun. “Kita masih akan kembangkan kasusnya karena masih ada dua laporan polisi lagi,” kata dia.

Sementara itu tersangka Louis Sarmento yang dikonfirmasi media singkat menuturkan, dirinya mengambil motor dengan cara meminta kunci motor kepada pemilik kendaraan dengan tujuan hanya ingin pinjam pakai.

Kendaraan sepeda motor merek Yamaha Jupiter MX diamankan tim Buser Polres Belu didukung dua personel Polsek Kakuluk Mesak di Mena, Kabupaten TTS , sementara ranmor merek Honda Beat Pop dengan nomor polisi DH 4941 EK milik warga Beianok, Desa Wesei, Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka diamankan di Desa Nunkolo, Kecamatan Nunkolo Kabupaten TTS. (yan)

Baca Juga :   Bendungan Rotiklot untuk Tingkatkan Produksi Pertanian. Jokowi Juga Janji Bantu 7 Waduk di NTT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top