EKONOMI

Pemkab Malaka Siap Bagi Pupuk Gratis Kepada Kelompok Tani

BETUN, Kilastimor.com-Dalam rangka mensukseskan Revolusi Pertanian Malaka (RPM), Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultural, dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak sudah menyiapkan bibit, benih, dan pupuk untuk dibagikan kepada 1.097 kelompok tani yang ada di Kabupaten Malaka.

Danramil Betun dan Kadis Ketahanan Pangan Pantau program UPSUS di Malaka.

Danramil Betun dan Kadis Ketahanan Pangan Pantau program UPSUS di Malaka.

Kepada media ini, di ruang kerjanya, Selasa (24/01/17) mengemukakan pihaknya sudah menyiapkan bibit, benih, dan pupuk untuk dibagikan secara gratris kepada kelompok tani yang lahannya masuk RPM.
Sedangkan kelompok tani yang masuk dalam program Upsus akan mendapat pupuk bersubsidi.

Saat ini pihaknya sedang menyiapkan pupuk sesuai dengan kebutuhan kelompok tani yang ada di Kabupaten Malaka. Tak tanggung-tanggung 16.890 ton dari beberapa jenis pupuk pun sedang disiapkan oleh Dinas Tanaman Pangan, Holtikultural, dan Perkebunan Kabupaten Malaka.

Ada dua distributor yang menyalurkan pupuk yaitu PT. Pupuk Kaltim dan PT. Kimia Gersik. PT. Pupuk Kaltim menjadi distributor Urea dan MPK sedangkan PT Kimia Gersik menjadi distributor pupuk ZA, MP36, Organik, dan MPK.
“Kami menargetkan pupuk sudah akan tiba dan dibagikan kepada para kelompok tani dalam waktu satu atau dua minggu ke depan,” imbuh kata Yustinus.

Kadis Tanaman Pangan, Holtikultural, dan Perkebunan Kabupaten Malaka juga mengingatkan distributor pupuk bersubsidi yang menjual pupuk di atas harga subsidi. Pasalnya, Yustinus sering mendapat komplain dari para petani terkait penjualan pupuk bersubsidi. Karena itu beliau meminta bantuan TNI untuk mengawasi penjualan pupuk bersubsidi kepada kelompok-kelompok tani.

Baca Juga :   Jelang Akhir Masa Jabatan, Bupati TTU Dilarang Lakukan Mutasi

“Bagi para petani yang membeli pupuk di atas harga subsidi laporkan kepada kami, agar kami tindak tegas distributor dan toko yang nakal tersebut. Kami tidak akan segan-segan mengeluarkan surat rekomendasi pencabutan izin bagi distributor yang nakal”, tegasnya. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top