RAGAM

HUT Korem 161/WS, Kodim Belu 1605/Belu Gelar Donor Darah di Silawan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Korem 161/Wira Sakti-Kupang, yang jatuh pada 24 Februari mendatang, Kodim 1605/Belu menggelar kegiatan bakti sosial donor darah bertempat di Puskesmas Silawan, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Aksi donor darah Kodim Belu.

Aksi donor darah Kodim Belu.

Aksi donor darah yang digelar Kodim 1605/Belu, Puskesmas Silawan, Rumkitban Atambua kerjasama dengan PMI Atambua, selain diikuti personel TNI baik anggota maupun perwira dari satuan Kodim 1605/Belu, Satgas Yonif Raider 641/Bru juga melibatkan kurang lebih 50-an warga masyarakat Desa perbatasan Silawan.

Dandim 1605/Belu, Letkol Czi. Nurdihin Adi Nugroho kepada media mengatakan, kegiatan bakti sosial donor darah yang dilakukan TNI bersama warga di perbatasan Silawan dalam rangka memperingati HUT Korem 161/Wira Sakti yang ke-56 pada tanggal 24 Februari mendatang.

“Kegiatan donor darah hari ini serentak dilakukan oleh seluruh jajaran Kodim di wilayah masing-masing dan Kodim Belu melakukan bersama-sama dengan warga di perbatasan Silawan,” ungkap Nugroho.

Masih menurut dia, sebelum kegiatan donor darah, peserta donor terlebih dahulu melakukan kegiatan ketahan masr (Hanmars) atau jalan santai dengan rute titik star mulai dari PLBN Mota’ain menuju ke Puskemas Silawan. Dalam giat tersebut, setiap pesertanya jalan sambil memungut sampah-sampah yang berserakan di pinggir jalan dan ditaruh dalam kresek (kantung plastik) yang dibawa.

Dijelaskan, dalam setiap bulan ada program Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau minggu militer di minggu terakhir setiap bulannya. Pada setiap bulan itu ada programnya berbeda-beda dan untuk triwulan satu ada hanmars atau ketahan masr, jadi harus bisa berjalan jauh tapi karena ini diawal tahun sehingga dimulai dengan jarak pendek.

Baca Juga :   Tangani COVID-19, Pemkot KupanG Alokasikan Rp 45 Miliar. "Dana Penanganan Dampak Ekonomi Rp 25,5 Miliar"

“Hanmars tadi hanya tiga kilo meter saja. Tapi kita hubungkan dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya sosial, kebetulan ada peringatan hari sampah sedunia, oleh karenanya tadi jalan santai hanmars sambil memungut sampah. Disamping pembinaan fisik juga memberikan stimulan kepada warga untuk sadar akan kebersihan lingkungan demi kesehatan,” ujar dia.

Terpisah Kepala Puskesmas Silawan, Agust Lopes menjelaskan kegiatan donor darah yang digelar Kodim 1605/belu merupakan suatu kegiatan yang menunjukan ungkapan kasih serta wujud kebersamaan antara TNI bersama Puskesmas Silawan dalam mewujudkan derajad kesehatan di Belu khususnya di daerah perbatasan.

“Kami sangat senang, ini kegiatan baru pertama kali dilakukan di Puskesmas Silawan. Ini membantu stok darah, sehingga warga atau pasien yang butuh darah sesuai golongan darah penderita tidak perlu susah-susah lagi untuk mencarinya karena bisa diambil stoknya di PMI cabang Atambua,” tutur Lopes. ( yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top