RAGAM

Jembatan Ponu Nyaris Putus, Jalur Dili-Oecusse Lumpuh Total

KEFAMENANU, Kilastimor.com-Jembatan di Ponu, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten TTU nyaris putus akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah itu dua pekan terakhir.

Truk dan kendaraan roda dua berhenti diatas jembatan Ponu.

Truk dan kendaraan roda dua berhenti diatas jembatan Ponu.

Akibat kondisi itu, ruas jalan negara yang menghubungkan Dili dan enklav Oecusse, Timor Leste, maupun sejumlah wilayah di Kabupaten TTU dan Belu Indonesia, lumpuh total.

Pengusaha sukses, Frans Tanjung kepada media ini, Jumat (10/2) mengemukakan, kondisi jembatan itu sangat memprihatikan. Pasalnya, talut penahan diujung jembatan tergerus banjir, dan hanya tersisa lapisan aspal yang tipis.

Semua kendaraan paparnya, tidak bisa melewati jembatan tersebut, karena sangat berbahaya. Akibatnya, arus transportasi melalui jalur itu baik dari Dili ke Oecusse maupun sebaliknya, juga daerah sekitarnya lumpuh.

Inilah kondisi jembatan ponu yang nyaris ambruk.

Inilah kondisi jembatan ponu yang nyaris ambruk.

Ambruknya talut penahan jembatan itu, menyebabkan arus transportasi macet, terutama kontainer dari Wini ke Atambua. Jika hendak menuju Belu maupun Dili, maka harus ke Kefa maupun menggunakan sejumlah jalur alternatif lainnya. Namun jelas menambah waktu dan biaya perjalanan.

Dia berharap, Kementerian PUPR melalui Satkernya di NTT, segera menangani kerusakan itu, agar arus transportasi kembali normal. “Kami berharap bisa cepat ditangani. Jangan sampai berlama-lama,” ungkapnya. (yan)

Baca Juga :   Gubernur NTT dan Wali Kota Turun Bersama Tinjau Korban Badai Seroja
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top