EKONOMI

Kementan Realisasikan Bantuan untuk Pemda Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Dalam rangka penguatan pangan perbatasan, Pemda Malaka menerima bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) berupa 2 unit traktor roda 4, pada Senin (27/2).
Hal ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Bupati Malaka Stef Bria Seran dengan Mentan Andi Amran Sulaiman pada Sabtu (4/2) di Jakarta.

Yustinus Nahak

Yustinus Nahak

Guna penguatan pangan di daerah perbatasan, Mentan meminta untuk Kabupaten Malaka mengembangkan 50 ribu hektar tanaman jagung. Untuk mewujudkan semuanya itu, Mentan berjanji akan memberikan benih dan pupuk, traktor roda 4 sebanyak 10 unit, pompa air 10 unit dan eskavator. Akan tetapi, saat ini, Mentan baru memberikan bantuan berupa traktor roda 4 sebanyak 2 unit.

“Tadi saya sudah bertanya kepada Staf Kementerian Pertanian, Ibu Ani Andayani. Ibu Ani mengatakan 2 unit traktor ini merupakan stok sisa yang ada di Kementan. Untuk yang lain akan ditambahkan,” jelas Yustinus Nahak, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultural, dan Perkebunan kepada kilastimor.com.

Yustinus mengatakan, untuk bantuan lain yang belum diberikan, pihaknya masih menunggu kejelasan waktunya. Pemberian bantuan akan dibuat secara bertahap.

Yustinus menjelaskan, pihak kementan meminta agar bantuan yang baru saja diterima dapat segera diberikan kepada kelompok tani. Akan tepapi, Yustinus berpendapat lain. Dia akan berkoordinasi dengan bupati agar traktor roda 4 dikelolah oleh Pemda Malaka.

“Bannya itu bisa mencapai 10 juta rupiah, kalau seandainya rusak, apa ada yang mau ganti,” tutur Yustinus.

Baca Juga :   PAD Kabupaten Malaka Masih Andalkan Pajak Bumi dan Bangunan

Menurut Yustinus, traktor roda 4 sebaiknya dikelola oleh pemerintah karena biaya pemeliharaannya cukup besar. Selain itu, jumlah traktor yang terbatas membuat pihaknya enggan memberikan kepada kelompok tani karena tidak ingin dibilang “pilih muka”.

“Kalau nantinya ada masyarakat yang mau menggunakannya, silahkan meminta ke kami, kami akan melayani. Selain itu, kami bisa tanggung BBM-nya dan juga sopir,” pungkasbYustinus. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top