RAGAM

Koramil dan Masyarakat Fulur Tanam Pohon di Lokasi Longsor

ATAMBUA, Kilastimor.com-Personel TNI Kodim 1605/Belu dari satuan Koramil 1605-03/Weluli bersama warga melakukan kegiatan penanaman pohon lokasi longsor di Desa Fulur, Kecamatan Lamaken, Kabupaten Belu, NTT, Senin (13/2/2017).

Warga dan anggota TNI tanam anakan pohon.

Warga dan anggota TNI tanam anakan pohon.

Danramil 03/Weluli, Kapt. Inf Kadek Sukrawan kepada media mengatakan, aksi penghijauan yang dilakukan pagi tadi oleh personel Koramil Weluli melibatkan 300 orang termasuk pihak Polsek Weluli, Aparat Pemerintahan Kecamatan Lamaknen, Desa Fulur serta warga setempat.

“Pohon yang kami tanam tadi pagi ada sekitar 150 anakan pohon mahoni, lantoro, gamal, angsona dan pohon bambu. Kita tidak sendiri tapi libatkan rekan dari Polsek, pihak Kecamatan, Desa, Susteran dan warga Desa Fulur dalam aksi tersebut,” ujar dia.

Jelas Kadek, penghijauan yang dilakukan personel Koramil Weluli sebagai aksi peduli terkait bencana tanah longsor yang menimpa wilayah Desa Fulur beberapa waktu lalu hingga menyebabkan tujuh unit rumah miik warga setempat tertimpa longsor.

“Penanam pohon dilakukan bersama dan kita fokus terutama di lereng atau bukit yang kena dampak tanah longsor,” ungkap dia.

Diharapkan, melalui aksi penghijauan tersebut dapat membantu atau mencegah longsor susulan di kemudian hari. Selain itu pulam bisa membuat warga setempat juga warga di desa tetangga lainnnya sadar bahwa menjaga kelestarian alam itu penting.

“Melalui giat ini, warga desa bisa sadar untuk menjaga kelestarian alam, karena itu penting bisa menjaga dan menjauhkan kita dari bencana,” pinta Kadek.

Baca Juga :   Sisa Dana Hibah Pilkada TTU Harus Disetor ke Kas Daerah

Untuk diketahui, pemukiman warga Fulur terdapat di perbukitan yang terbilang rawan longsor. Sabtu (4/2) dini hari lalu bencana tanah longsor menimpa tujuh unit rumah milik warga Desa Fulur, Kecamatan Lamaknen setelah diguyur hujan yang deras. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, namun kerugian yang dialami warga korban bencana diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top