RAGAM

Pancasila Merupakan Kesepakatan Pendiri Bangsa

KUPANG, Kilastimor.com-Anggota DPD/MPR RI, Abraham Paul Liyanto kembali menggelar sosialisasi empat pilar MPR RI tentang berbangsa dan bernegara. Sosialisasi itu digelar di SMPN I Kecamatan Taebeny, Kabupaten Kupang, Jumat (17/2) lalu.
Hadir dalam sosialisasi itu antara lain, Pengurus PGRI Kabupaten Kupang, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, serta para guru di Kecamatan Taebenu, yang berjumlah sekira 100 Orang.

Abraham Paul Liyanto pose bersama peserta usai sosialisasi.

Abraham Paul Liyanto pose bersama peserta usai sosialisasi.

Sosialisasi itu dibuka oleh Ketua PGRI Kabupaten Kupang, Yona Koroh,dan selanjutnya kegiatan sosialisasi ini dipimpin dan dimoderatori oleh Kepala Sekolah SMPN I Taebenu, Oneng, S.Pd, Msi.

Kemudian, Abraham Paul Liyanto penyampaian materi sosialisasi Empat Pilar MPR RI tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Dia mengemukakan, Dasar Negara Indonesia, yakni Pancasila merupakan kesepakatan dan keputusan Founding Father.

Para pendiri bangsa katanya, sudah bersusah payah untuk membentuk negara ini berdasarkan Pancasila. Karena itu, segala bentuk diskriminasi, intoleransi, radikalisme dan terorisme sangat bertentangan dengan pancasila. Pancasila sudah final dan tidak bisa dirubah.

Tidak saja itu, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika juga final dan tidak bisa diganggu gugat. Memang akunya, ada pihak-pihak yang hendak berupaya mengganti ideologi bangsa. Namun hal itu pastinya ditolak seluruh warga Indonesia.

Dia berpesan, agar seluruh anak negeri, khususnya di Taebenu, Kabupaten Kupang, untuk tetap memegang teguh akan nilai tolerasi, demokrasi serta tetap dalam bingkai NKRI. Jika semua anak bangsa bersatu padu, dipastikan Indonesia akan maju dan terus berkembang pesat dalam bidang. “Mari kita pegang teguh pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Indonesia pasti jaya,” pungkasnya. (fed)

Baca Juga :   Pencanangan Eliminasi Kaki Gajah di Malaka Bakal Dalam Nuansa Adat
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top