RAGAM

Pemda Malaka Siap Bantu Korban Bencana. Kadisos: Tercatat Ada 74 KK

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka siap memberikan bantuan kepada para keluarga yang menjadi korban kebakaran dan angin puting beliung. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Sosial, Yosef Parera kepada kilastimor.com pada Rabu (9/2) di ruang kerjanya.

Yosef Parera

Yosef Parera

“Untuk Tahun 2016, laporannya sudah lengkap dan kami sudah siap utuk laporkan kepada Bapak Bupati untuk meminta petunjuk lebih lanjut supaya kita bisa segera memberikan bantuan itu ke masyarakat sesuai dengan stok yang tersedia di Dinas Sosial Kabupaten Malaka.” ujar Yosef.

Sesuai dengan laporan yang diberikan ke Dinas Sosial, pada tahun 2011, ada 14 keluarga yang menjadi korban bencana, baik itu kebakaran maupun angin puting beliung. Pada Tahun 2014, ada 32 keluarga korban bencana. Tahun 2015 ada 16 keluarga korban bencana. Korban bencana terbanyak terjadi pada Tahun 2016 dengan total 34 bencana. Sehingga total keseluruhan dari tahun 2011 sampai Tahun 2016 adalah 96 keluarga.

Baru ada 22 keluarga dari 96 keluarga korban bencana yang telah dibantu. 22 keluarga itu adalah korban bencana pada tahun 2014. Artinya, masih ada 74 keluarga yang belum dilayani dan ditambah beberapa keluarga korban yang terjadi pada Tahun 2017 ini.

“Bantuan belum diberikan karena kekurangan stok pada tahun yang kemarin,” jelasnya.

Yosef Parera menjelaskan bahwa untun korban bencana yang terjadi pada 2011 sampai 2013, pihaknya masih meminta petunjuk lebih lanjut dari Bupati Malaka, Stef Bria Seran, untuk diberikan bantuan atau tidak. Jika bupati mengijinkan, maka pihaknya akan tetap memberikan bantuan. Apabila bantuan yang diberikan masih kurang, maka pengadaan bantuan Tahun 2017 akan dibagikan kepada mereka yang belum mendapat bantuan tersebut.

Baca Juga :   Lima Kecamatan Terindikasi Money Politics

“Kalau ada pentunjuk bahwa bisa dibantu, maka kami akan siap membantu dengan stok yang ada. Jika belum cukup, maka pengadaan bantuan tahun 2017, akan kita bagi lagi pada mereka yang belum mendapatnya,” Ujarnya.

Saat ini, Dinsos masih berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Malaka terkait dengan para korban yang belum lapor. Koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Malaka akan dibuat secara resmi sehingga Dinsos dapat mencocokan data yang ada di Badan Penanggulangan Bencana dengan pihaknya.

Bantuan yang diberikan kepada korban kebakaran dan angin puting beliung tidak jauh berbeda. Bantuan bagi korban angin puting beliug berupa semen 12 sak dan seng 3 lembar, dan terpal. Sedangkan, untuk korban kebakaran bantuannya sama, hanya ditambah dengan berbagai perlengkapan dapur. Dinsos saat ini sudah menyiapkan stok bantuan kepada 112 unit rumah yang mengalami kerusakan, baik itu karena kebakaran maupun angin puting beliung.

Sebagai contoh, ada laporan beberapa hari lalu Kepala Desa Motaulun melaporkan ada tiga rumah yang menjadi korban angin puting beliung. Pihaknya memastikan untuk langsung melakukan survei lapangan untuk melihat keadaan tiga rumah tersebut. Selain itu, ada pula kebakaran satu unit rumah di Betun dan langsung dilaporkan oleh kepada desa setempat ke Dinas Sosial.

Kesadaran dari pihak korban dan para perangkat desa untuk melaporkan bencana ke dinas sosial ini sangat penting. Sebagai sebuah instansi pemerintahan, laporan tertulis dari pihak desa kepada Dinsos merupakan sebuah keharusan untuk dapat diberikan bantuan.

Baca Juga :   SSB Bintang Timur Bertaraf Internasional di Garis Batas RI-RDTL

“Ada korban dari Desa Kotabiru, Kecamatan Kobalima yang telah melapor kepada kami secara lisan. Karena itu, saya meminta laporan dari kepala desasecara tertulis,” terangnya.

Yosep menjelaskan bahwa pihaknya sudah mensosialisasikan kepada masyarakat melalui kepala desa. Harapannya, kepala desa harus sesegera mungkin melaporkan ke Disos atau Dinas Penanggulangan Bencana saat masyarakat mengalami bencana. Dengan demikian, Pemda Malaka, dalam hal ini Dinsos, dapat memberikan bantuan sesuai dengan ketersediaan stok yang ada.
Bagi yang belum mendapat bantuan dari tahun-tahun sebelumnya, Pihaknya segera berkoordinasi dengan bupati untuk meminta disposisi dari beliau, agar minggu depan kami sudah dapat memberikan bantuannya. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top