EKONOMI

Rm. Rico dan Danramil 1605-01/Kota Sulap Daun Gamal jadi Pupuk

ATAMBUA, Kilastimor.com-Dalam rangka mensukseskan swasembada pangan di Kabupaten Belu, Rm. Elrico Ansow, Pr bersama Danramil 1605-01/Kota melaksanakan sosialisasi Mikro Organisme Lokal atau yang disingkat MOL, Kamis (02/02/17).

Pastor dan TNI buat MOL

Pastor dan TNI buat MOL

Sosialisasi MOL yang di adakan di Aula SVD Nenuk ini mendapat respon yang baik dari pihak biarawan.
Sosialisasi ini dihadiri oleh para biarawan, para Frater, dan Bruder SVD, para Babinsa serta anggota koramil 1605. Rm. Elrico Ansow, Pr sendiri menjadi narasumber pada sosialisasi MOL.

Rm. Elrico Ansow, Pr yang juga sebagai narasumber menjelaskan kepada para peserta mengenai proses pembuatan MOL. Sebagai contoh MOL Gamal. Mol Gamal dibuat dengan bahan dasar daun gamal, batang pisang, air cucian beras, dan gula. Bahan-bahan ini difermentasi selama satu samapai dua minggu.

“Kalau berbau asam berarti MOL itu berhasil dibuat dan siap digunakan”. Demikian penjelasan pastor yang akrab disapa Rm. Rico, pr ini kepada para peserta sosialisasi.

Danramil 1605-01/Kota Atambua, Mayor Inf. Tasdiq Prawoto merespon sosialisasi Mol ini dengan sangat baik. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih secara khusus kepada Rm. Rico, Pr yang telah menjelaskan secara baik tentang proses pembuatan MOL. Beliau juga pihak SVD dan para Babinsa yang sudah meluangkan waktunya mengikuti acara sosialisasi ini. Selain itu, Danramil 1605-01 berharap agar dapat berkolaborasi dengan para pemuka agama dan pemerintah daerah guna tercapainya swasembada pangan di Kabupaten Belu.

Praktek buat pupuk.

Praktek buat pupuk.

“Kami berharap agar para pemuka agama dan Pemda mau bekerja sama dengan TNI untuk mewujudkan swasembada pangan di kabupaten kita” demikian tutur Mayor Inf.Tasdiq Prawoto.

Baca Juga :   Wabup Belu: Mutasi Eselon II Setelah Assessment dan Uji Kompetisi. Panitia Seleksi Dibentuk

Pihak SVD yang diwakili oleh P. Thimotius Lisu, SVD menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Rm. Rico, Pr dan Danramil 1605-01 yang telah membawa anggotanya men gikuti sosialisasi MOL ndi SVD Nenuk. Beliau berharap kepada anak-anak binaannya agar dapat menerapkannya kepada masyarakat.

Sebelum mengakhiri kegiatannya, P. Rico berpesan kepada para Pater yang nantinya akan terjun ke masyarakat dengan adanya pengkaderan yang disiapkan sejak dini seperti ini dengan bersama dengan TNI, para Mantri tani, maupun PPL diharapkan akan mampu lebih mengena atau didengar oleh umat. Dengan demikian, swasembada pangan yang menjadi program pemerintah akan semakin sukses. (Richi Anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top