RAGAM

23 Pejabat Eselon Tiga Jalani Seleksi untuk Memperebutkan Lima Jabatan Eselon 2 di Kabupaten Kupang

OELAMASI, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kupang saat ini sedang menjaring pejabat eselon 3, untuk menduduki lima jabatan eselon 2. Disaksikan kilastimor, sebanyak 23 orang pejabat eselon 3 dari beberapa SKPD di lingkup pemerintahan kabupaten Kupang, pada Senin (20/3), menjalani ujian di Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Kandidat pejabat eselon 2 ikut ujian tertulis.

Kandidat pejabat eselon 2 ikut ujian tertulis.

Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel), Mesak Liufeto yang juga Kepala BKD kabupaten Kupang ketika ditemui media ini di ruang kerjanya membenarkan seleksi yang sedang dilaksanakan Pemda Kabupaten Kupang ini.  Dirinya menjelaskan bahwa seleksi ini dilakukan dalam beberapa tahap yakni tahap pengumuman atau lelang jabatan, seleksi adminstrasi, ujian kompetensi, wawancara, pengumuman, penetapan dan pelantikan.

“Jadi, seleksi ini  kami lakukan dalam beberapa tahap, yakni tahap Pengumuman atau lelang jabatan, seleksi ujian kompetensi, wawancara, pengumuman, hingga tahap penetapan dan pelantikan. Untuk pelelangan dan seleksi administrasi dilakukan oleh panitia, sedangkan seleksi kompetensi, wawancara, pengumuman penilaian dilakukan oleh Tim Assesor dari Provinsi NTT,” jelas Liufeto.

Liufeto menambahkan bahwa, sesuai jadwal ujian ini berlangsung dari Senin, 20 Maret – Kamis, 23 Maret 2017. Kemudian tahap penilaian dilakukan oleh tim Assesor pada Jumat, 24 Maret 2017. Dilanjutkan dengan pembuatan laporan pada Sabtu, 24 Maret 2017 dan penyerahan laporan dari Administrator Assesor kepada ketua panitia seleksi pada Senin, 27 Maret 2017.

“Setelah itu, baru kami panitia seleksi akan menyerahkannya kepada bapak Bupati Kupang, untuk menetapkan siapa yang akan dipastikan untuk dilantik,” ungkap Liufeto.

Baca Juga :   Dinas Pertanian Malaka Yakin PAD Bidang Perikanan Sebesar Rp 120 Juta Terealisir

Sementara itu, Ketua Tim Assesor, Adelino Soares, ketika ditemui kilastimor.com, disela-sela proses seleksi ini menjelaskan, ujian ini merupakan arah kebijakan pemerintah terkait dengan Sumber Daya Manusia, sesuai Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN),  dengan misinya memindahkan ASN  dari zona nyaman ke zona kompetitif.

Menurut Adelino, hal ini juga sejalan dengan Permenpan RB Nomor 13 tahun 2014, yang mengamanatkan, setiap pengisian jabatan pimpinan tinggi pertama atau dikenal eselon 2 itu, harus  dilakukan melalui uji kompetensi. Terkait dengan pengembangan karier, menurut Adelino, ada empat unsur yang harus dipenuhi, yakni kualifikasi, kompetensi, kinerja dan integritas moral.

“Hari ini sampai hari Kamis, yang kita lakukan itu adalah satu dari empat unsur itu, yaitu kompetensi. Untuk hal ini, kita lakukan dengan metode assement centre, dengan prinsip bahwa multi accesor yang dilakukan oleh beberapa accesor dan mullti simulasi. Hari ini dan Selasa besok adalah uji kompetensi manajerial. Sedangkan hari Rabu dan kamis adalah kompetensi bidang yang dilakukan oleh Pansel,” jelas Adelino.  

Adelino juga menandaskan, dirinya bersama tim Accesor dan Pansel  yang melakukan ujian ini sangat profesional dan tidak ada intervensi dari siapa pun. Tetapi pada prinsipnya, menurut Adelino, bahwa yang bertanggungjawab penuh adalah Pansel.  Penilaian dari  tim Accesor sendiri menurut Adelino adalah sifatnya mandiri, profesional dan tidak boleh diintervensi, karena salah satu alat ukur yang  dipakai disini adalah question competition, interview dan Leadersip Group Discussion (LGD).

Baca Juga :   Paket Terkini Didukung Gerindra. Mosaitan: Kita Siap Menangkan di Pilbup Kupang

Untuk diketahui bahwa dalam seleksi ini ada dua tim yang melakukan ujian dan penilaian. Kedua tim itu yakni tim manajerial accesor dari Provinsi dan tim kompetensi bidang oleh Pansel.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Hendrik Paut, selaku Ketua Pansel, Mesak Liufeto sekretaris pansel, dan 3 orang anggota Pansel, dari Undana. Sementara, dalam seleksi ini, akan dijaring setiap OPD 3 orang kandidat yang akan dilaporkan Pansel ke Bupati. Dan, dari 3 orang itu Bupati akan tetapkan satu orang untuk dilantik.

Kelima jabatan yang masuk dalam lelang jabatan dan sedang diseleksi adalah Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pangan, Dinas Koperasi UKM, Staf ahli bidang pemerintahan, dan Dinas Sosial. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top