EKONOMI

40 Ton Pupuk Bersubsidi Langsung Didistribusikan kepada Petani Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Sebanyak 40 ton pupuk bersubsidi jenis NPK dari PT. Petro kimia Gresik tiba di malaka Rabu (15/3). Pupuk bersubsidi ini langsung didistribusikan oleh distributor resmi, Toko Himalaya kepada para petani untuk digunakan.

Tampak pupuk bersubsidi didistribusikan kepada petani di Malaka.

Tampak pupuk bersubsidi didistribusikan kepada petani di Malaka.

Hal ini diungkapkan pemilik toko Himalaya, Marius Boko yang ditemui media di kantor Bupati Malaka. Dia mengatakan, sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Koramil Betun guna pendistribusian pupuk NPK langsung ke kelompok tani.

Hal ini dilakukan karena saat ini, para petani sangat membutuhkan pupuk NPK untuk tanaman padi mereka yang sedang bertumbuh. Sebenarnya, para petani sudah meminta pupuk NPK sejak bulan Februari. Akan tetapi, saat itu stoknya masih kosong.

“Begitu tiba, kita langsung distribusikan pupuk ke kelompok tani sasaran di Desa Umakatahan dan Kletek,” tutur Usboko.

Dalam pendistribusian pupuk ini, kata Boko, pihaknya sengaja melibatkan Dinas Pertanian dan Koramil 1605/04 Betun untuk sama-sama memastikan jika distribusi pupuk bersubsidi memang betul-betul tepat sasaran. Oleh sebab itu, baik dari Dinas Pertanian maupun Koramil 1605/04 Betun dilibatkan sampai pupuk diserahkan kepada kelompok tani.

“Saya tidak ingin kerja sendiri. Saya mau mengandeng dinas teknis dan anggota TNI dalam mendistribusikan pupuk bersubsidi biar mereka (dinas pertanian dan TNI, red) juga melihat sendiri jika Distributor Himalaya benar-benar menyalurkan pupuk tepat sasaran,” tegasnya.

Baca Juga :   Danramil Betun Juara Lomba Layang-layang. Wartawan Kilastimor Runner Up

Danramil 1605-04/Betun Mayor Kav. Yatman. mengatakan, tugas TNI sesuai MoU dengan Kementerian Pertanian adalah melakukan pendampingan terhadap pendistribusian pupuk bersubsidi untuk memastikan tepat sasaran. Oleh sebab itu, pihaknya tidak meminta biaya sepesar pun kepada distributor ketika melakukan pendampingan pendistribusian pupuk bersubsidi.

“Selama ini hanya Toko Himalaya yang selalu mengajak kami untuk melakukan distribusi pupuk ke kelompok-kelompok petani di Malaka. Kami sangat senang jika ada lagi distributor lain seperti Toko Himalaya yang selalu berkoordinasi dengan kami, mulai dari pupuk tiba hingga pupuk sampai di tangan petani,” tutur Yatman. (richi anyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top