RAGAM

Air Sumur Tercemar, Puskesmas Bolan Bagi Kaporit Bagi Warga Terdampak Banjir

BETUN, Kilastimor.com-Puskesmas Bolan membagikan koporit gratis kepada masyarakat untuk mengatasi masalah air sumur yang tercemar lumpur akibat banjir. Selain mengantar langsung ke rumah warga, para petugas juga melayani warga yang ingin mengambil koporit di puskesmas. Hal ini diungkapkan Kepala Puskesmas Bolan, Vincensia Hoar Seran yang ditemui di ruang kerjanya pada, Kamis (30/3).

Sumur warga yang terkena banjir.

Sumur warga yang terkena banjir.

Vincensia menuturkan bahwa dirinya langsung mengaktifkan pos-pos pelayanan kesehatan yang berada di desa-desa pasca banjir. Tujuannya untuk membantu masyarakat korban banjir dari segi kesehatan. Dia juga menggerakkan mobil operasional puskesmas untuk memberikan informasi terkait pembagian kaporit.

Untuk sumur yang tercemar di Desa Lawalu, Failuka, Naimana, dan Railor tidak terlalu banyak. Vincensia mengatakan tidak terlalu banyak, paling satu desa hanya satu atau dua sumur saja. Petugas puskesmas pun sudah turun untuk membagikan kaporit kepada warga yang seumurnya tercemar lumpur.

Vincensia mengatakan bahwa penyakit kulit, ispa, dan diare adalah beberapa jenis penyakit yang sering menyerang pasca banjir. Namun sejauh ini, belum ditemukan adanya kasus penyakit kulit dan diare pasca banjir. Sedangkan untuk penyakit Ispa yang muncul sebagai dampak dari perubahan cuaca.

“Saat ini yang ada hanya pasien penyakit Ispas. Namun, itu bukan akibat banjir tetap akibat peralihan musim, dari musim hujan ke musim kemarau,” tuturnya. (richi anyan)

Baca Juga :   Ingin Dekat dengan Masyarakat, SBS-DA Pilih Tinggal di Rumah Sendiri
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top