RAGAM

Bergabung di Satpol PP, Linmas Harus Diberdayakan Pemda dan Pemerintah Desa

KUPANG, Kilastimor.com-Jika selama ini Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) berada dalam pembinaan Kesbangpolinmas, saat ini Satlinmas telah bergabung dengan dan menjadi bagian dari Satuan Polisi Pamong Praja. Hal ini disampaikan Drs. Djoni Lan Lulan M.Si, Kepala Bidang Linmas Satpol PP NTT, kepada kilastimor.com, pada Selasa (14/3) di ruang kerjanya.

Djoni Lan Lulan

Djoni Lan Lulan

Lulan mengatakan bahwa, bergabungnya Satlinmas dalam Satpol PP ini berdasarkan PP nomor 6 tahun 2010, tentang Satpol PP dan Permendagri 84 tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat.

“Jadi sebelum pemberlakuan PP Nomor 6 tahun 2010 dan Permendagri nomor 84 tahun 2014, Linmas bergabung di Kesbangpolinmas, tetapi setelah pemberlakuan, Satlinmas sudah bergabung dengan Satpol PP, menjadi salah satu bidang, yakni bidang perlindungan masyarakat,” jelas Lulan.

Tentang keberadaan Linmas, Luan menambahkan bahwa, sesuai dengan Permendagri 84 tahun 2014, satu desa memiliki linmas kurang lebih 10-15 orang, yang merupakan keterwakilan dari RT/RW dari desa atau kelurahan setempat. Linmas sendiri, menurut Luan, diangkat dengan SK kepala desa, dan kasatnya sendiri adalah Kepala desa yang memiliki dua jabatan atau disebut dengan ex-officio.

Lulan menambahkan bahwa, tugas Linmas di desa adalah meliputi ketentraman, ketertiban umum, membantu masyarakat pemerintah desa. Dirinya menegaskan bahwa ketika seorang Linmas melakukan upaya ketentraman dan ketertiban umum, maka sama dengan Linmas melakukan tugas Pol PP di Desa.

Baca Juga :   Laga Hari Ini, PS Malaka Versus Persab Alor. Pertandingan Kedua Perse Ende Kontra Pers Soe

“Sesuai dengan Permendagri nomor 84 Tahun 2014, Pasal 9, dijelaskan bahwa
Satlinmas mempunyai tugas membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam, penyelenggaraan pemilu dan membantu upaya pertahanan Negara,” jelas Lulan.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top